Jangan Sombong dan Tetap Rendah Hati

  • Bagikan
IST SALAM. Kapolda NTT, Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga memberi salam ke salah satu Perwira yang mendapat kenaikan pangkat di lapangan Ricky Sitohang Mapolda NTT, Selasa (2/7).

631 Anggota dan ASN Polda NTT Naik Pangkat

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Sebanyak 631 orang anggota Polri dan ASN Polda NTT mendapat kenaikan pangkat pada Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 tepatnya tanggal 1 April. Mereka yang mendapat kenaikan pangkat itu terdiri dari 163 orang di Satker Polda NTT dan 468 orang di Polres jajaran.

Upacara kenaikan pangkat ini dipimpin Kapolda NTT, Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga di lapangan Ricky Sitohang Mapolda NTT, Selasa (2/7).

Kapolda NTT, Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga menegaskan bahwa kenaikan pangkat merupakan suatu kebanggaan.
Pangkat, katanya, tidak begitu saja disematkan namun adalah anugerah dan capaian luar biasa yang sudah dilakukan.

Anggota dan ASN yang naik pangkat juga diminta agar jangan sombong dan yang tidak naik pangkat belum tentu ketinggalan.

"Tetap rendah hati. Jangan hanya pangkat tinggi tapi profesionalisme juga harus meningkat. Kenaikan pangkat ini merupakan kepercayaan dari Tuhan untuk berbuat lebih baik," tegasnya.

Jenderal dengan dua bintang di pundak itu menekankan bahwa tantangan ke depan makin spesifik. Karena itu, setiap anggota harus memperbaharui pengetahuan sehingga ada pencerahan.

"Harus punya kualitas sesuai dengan pangkat yang disandang," ujarnya.

Beberapa anggota juga mengalami penundaan kenaikan pangkat karena beberapa persoalan dan masih dalam tahap evaluasi.

Untuk diketahui, dua auditor Kepolisian Madya Tk III Itwasda Polda NTT naik pangkat dari Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) menjadi Komisaris Besar Polisi (Kombespol) terhitung 1 Juli 2024. Kedua, perwira Polda NTT yang naik pangkat tersebut yaitu Achmad Muzayin dan FX Irwan Arianto.

Achmad Muzayin merupakan auditor Kepolisian Madya TK. III bidang Logistik dan Operational. Sementara AKBP FX Irwan Arianto merupakan Auditor Kepolisian Madya TK. III bidang SDM dan Keuangan.

Selain itu, lima perwira yang naik pangkat dari Kompol menjadi AKBP yaitu tiga orang betugas di Polda NTT dan dua orang di Polres jajaran. Tiga orang Perwira yaitu I Wayan Suparta dari jalur reguler. Sedangkan Dominggus Sigakole dan Sahidin Suna dari jalur pengabdian masing-masing.

Selanjutnya 14 orang Perwira Pertama (Pama) yang naik pangkat itu tiga orang betugas di Polda NTT dan 11 orang di Polres jajaran. Perwira yang naik pangkat menjadi AKP delapan orang yakni tiga di Polda NTT dan lima Polres jajaran.

Kemudian pangkat Iptu sebanyak lima orang di Polres jajaran dan Ipda sebanyak satu orang di Polres jajaran. Selain itu ada 583 Bintara Polri naik pangkat. Rinciannya, 133 orang di Polda NTT dan 450 orang di Polres jajaran.

Kenaikan pangkat menjadi Aiptu sebanyak 225 orang yakni 43 orang di Polda NTT dan 182 orang di Polres jajaran. Kenaikan pangkat Aipda 65 orang yakni 21 di Satker Polda NTT dan 44 orang di Polres jajaran. Kenaikan pangkat menjadi Bripka 52 orang, terdiri dari 13 di Satker Polda dan 39 di Polres jajaran.

Brigpol sebanyak 92 orang, terdiri dari 31 orang di Satker Polda NTT dan 61 orang di Polres jajaran serta Briptu 149 orang terdiri dari 25 orang di Satker Polda NTT dan 124 orang di Polres jajaran.

Sementara itu, ada satu orang Tamtama di Polda NTT yang naik pangkat menjadi Bharaka. Secara keseluruhan ada 611 orang anggota Polri yang naik pangkat periode 1 Juli 2024 yakni 143 orang di Satker Polda NTT dan 468 orang di Polres jajaran. Sedangkan, 20 ASN Polri di Satker Polda NTT juga mendpat kenaikan pangkat.(r1/cr6/gat/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version