Bacagub Johni Asadoma Disambut dengan Upacara Adat Manuk Kapu

  • Bagikan
IST PENYAMBUTAN. Upacara adat Manuk Kapu menyambut kunjungan Bacagub NTT, Irjen (Purn) Johni Asadoma, Rabu (3/7).

RUTENG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Ratusan warga dan tokoh adat di Kecamatan Langke Rembong, Manggarai menyelenggarakan upacara adat Manuk Kapu untuk menyambut kunjungan Bakal Calon Gubernur (Bacagub) NTT, Irjen (Purn) Johni Asadoma, Rabu (3/7).

Suasana penyambutan berlangsung meriah. Warga rela tidak beraktivitas untuk menanti kedatangan bakal calon gubernur NTT tersebut.

Dalam tradisi masyarakat Manggarai, Manuk Kapu adalah acara adat resmi untuk menyambut tamu, sekaligus sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan untuk para tamu. Penerimaan secara adat oleh masyarakat setempat terhadap mantan Kapolda NTT ini, disertai pemberian ayam jantan merah dan tuak.
Kedatangan Johni Asadoma ke lokasi ini bukan yang pertama, tetapi sudah berlangsung sebanyak 8 kali, terutama saat menjadi Wakapolda NTT hingga Kapolda NTT.

Kedekatan yang erat dan masih pertalian darah dengan masyarakat dan dikenal secara luas, masyarakat setempat menyebut Johni sebagai anak Rona (keluarga perempuan).

"Keluarga besar di Manggarai merestui dan memberi dukungan penuh terhadap niat hati pak Johni Asadoma untuk maju sebagai calon gubernur NTT," kata Simprianus Sangkata, tokoh masyarakat setempat.

Ia mengaku, mantan Ketua PB Pertina merupakan figur yang tepat untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan Gubernur NTT.

“Berbagai pengalaman kepemimpinan di institusi kepolisian, kami orang Manggarai disini yakni pak Johni mampu memberikan kesejahteraan dan perubahan bagi masyarakat NTT,” katanya.

Calon Gubernur NTT, Irjen Pol (Purn) Johni Asadoma pada kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah memberikan dukungan kepadanya.

Ia juga menyampaikan berbagai persoalan yang kini dihadapi masyarakat dan solusi yang ditawarkan jika dipercayakan sebagai Gubernur NTT. (cr6/rum/dek).

  • Bagikan

Exit mobile version