BI NTT Selenggarakan Teknokreasi Competition, Dorong Pemanfaatan Potensi Komoditas

  • Bagikan
BI NTT FOR TIMEX PENYERAHAN HADIAH. Kepala Perwakilan BI Wilayah NTT, Agus Sistyo Widjajati, bersama jajaran lainnya memberikan hadiah bagi pemenang Teknokreasi Competition, Kompetisi Ide Kreatif dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, Selasa (2/7)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Teknokreasi Competition, Kompetisi Ide Kreatif dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT dalam menjaring Ide-Ide kreatif generasi muda untuk memaksimalkan sumber daya alam NTT menghasilkan tim ‘Kinyang AI’ sebagai pemenang dengan ide produk berupa sebuah aplikasi berbasis Artificial Intelligence yang membantu UMKM dalam mendapatkan akses pasar.

Teknokreasi competition, kompetisi ide bisnis yang diselenggarakan oleh KPw BI Provinsi NTT memasuki tahap final akhir pada Selasa, (2/7), di Aula gedung Kantor Perwakilan BI Provinsi NTT.

Penyelenggaraan kompetisi ini berawal dari keinginan mengumpulkan ide ide kreatif dari generasi muda NTT dalam mengembangkan dan mengakselerasi potensi sumber daya alam di Provinsi NTT, khususnya di 4 (empat) bidang utama yaitu pertanian, perikanan, perkebunan, dan peternakan melalui pemanfaatan teknologi.

Total terdapat 250 tim dari seluruh wilayah NTT yang mengikuti kegiatan ini sejak periode pendaftaran 1 April 2024 sampai dengan tanggal 3 Mei 2024, dilanjutkan dengan seleksi yang cukup ketat sehingga menghasilkan 40 besar tim “Teknokers”.

Proses seleksi untuk mendapatkan ide-ide terbaik dari yang terbaik terus dilakukan sehingga menghasilkan 10 tim yang melaju ke babak final yang dilaksanakan di Aula Kantor Perwakilan Bank Indonesia Prov NTT pada hari ini.

Respon dan reaksi yang sangat positif dari masyarakat di Provinsi NTT, khususnya para generasi muda yang menjadi fokus utama teknokreasi competition, sangat diapresiasi oleh Agus Sistyo Widjajati, selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT.

Menurutnya, semangat positif ini perlu terus dilanjutkan demi mencapai NTT yang mandiri dan maju. Beliau mengharapkan juga sinergisitas dari para lembaga keuangan untuk mendukung tim-tim terbaik ini dalam mendorong implementasi ide-ide kreatif yang telah dihasilkan.

Ke-10 finalis melakukan presentasi dan tanya jawab untuk bertarung memaparkan ide- ide kreatifnya di depan para juri berpengalaman yang terdiri dari akademisi yang diwakili oleh Prof. Dr. Rer.nat. Antonius R B Ola, S.Si., M.Sc, praktisi bisnis yang diwakili oleh dr. Andree Hartanto Sp. OG, perbankan yang diwakili oleh Agus Prasetyo selaku Area Head BNI Cabang Kupang, dan BI sendiri selaku regulator moneter.

Di akhir acara diumumkan seluruh hasil kompetisi, dengan 3 tim yang keluar sebagai pemenang utama, yaitu ‘Kinyang AI’ sebagai juara pertama, ‘Telaga Opa’ sebagai juara kedua, dan ‘Nusa Berkarya sebagai juara ketiga.

Selain itu dilakukan juga penyerahan piala perlombaan yang diselenggarakan KPw BI NTT dalam rangka Road to FESyar, yakni Live Cooking Competition dengan pemenang atas nama Aulia Khalis Fushilat, lomba Fashion Design kategori professional, dengan pemenang atas nama Jasmine Putria dan kategori pelajar dengan pemenang atas nama Azzahra Lasubu.

Ke depan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT senantiasa berkomitmen untuk bersinergi dengan stakeholders dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Provinsi Nusa Tenggara Timur. (thi/dek)

  • Bagikan