Jenderal Sisi Kanan yang Sesungguhnya

  • Bagikan
Jules Kounde

DERBI FULL BACK BARCA

JULES Kounde dan Joao Cancelo mengawali musim lalu di FC Barcelona sebagai bek kanan. Hanya, seiring cedera panjang bek kiri Alejandro Balde, Cancelo yang memang versatile digeser sebagai bek kiri. Kounde pun sejatinya memiliki posisi asli sebagai bek tengah. Namun, sejak bergabung Barca dua musim lalu, dia terus dijajal sebagai bek kanan. Bahkan, entraineur Prancis Didier Deschamps ikut memainkan Kounde sebagai bek kanan ketimbang bek tengah.

Pertemuan Portugal versus Prancis dini hari nanti (6/7) bakal mempertemukan Kounde dan Cancelo sama-sama sebagai bek kanan. Laga yang bisa jadi pembuktian siapa jenderal sisi kanan Barca yang sesungguhnya.

’’Kounde bermain hebat (sebagai bek kanan, Red). Saat bertahan, dia mampu menutup aliran bola lawan. Di sisi lain, ketika dalam situasi menyerang, dia memberi kami kekuatan tambahan,’’ beber asisten pelatih Prancis Guy Stephan kepada Marca.

Raihan player of the match dalam laga 16 besar kontra Belgia jadi buktinya. Saat itu Kounde menempuh pergerakan sejauh 10,7 kilometer. Kecepatan larinya bisa mencapai 34,1 kilometer per jam. Di antara pemain Les Bleus –sebutan Prancis– di Euro 2024, Kounde menjadi pemain dengan tekel terbanyak (10 kali). Operan kuncinya pun sampai 10 kali.

Di sisi lain, kualitas Cancelo sebagai fullback sudah diakui dan telah menyumbang satu umpan gol di Euro 2024. Cancelo juga menjadi pemain Portugal dengan dribel terbanyak bersama bek kiri Nuno Mendes dan wide attacker Rafael Leao.

’’Cancelo telah kembali sebagai bek kanan utama Portugal (di Euro 2024) dengan mengungguli Diogo Dalot yang musim lalu sangat konsisten penampilannya,’’ tulis The Athletic. (ren/c12/dns/jpg/rum/dek)

  • Bagikan