CEPAT DILAWAN CEPAT

  • Bagikan
UEFA.Com ADU SPINT. Kecepatan Kylian Mbappe jadi perhatian serius Timnas Spanyol di laga semifinal dinihari nanti.

SPANYOL vs PRANCIS

MUNCHEN,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID – Kylian Mbappe baru menorehkan sebiji gol dan sebiji umpan gol dalam empat laga di Euro 2024. Bukan statistik menakutkan untuk striker terbaik di dunia (seiring status top scorer Piala Dunia 2022) dan tertajam di Eropa (top scorer Liga Champions 2023–2024).

Meski performanya kurang tajam, Mbappe tetap jadi momok yang menakutkan bagi lawan-lawannya dalam Euro 2024. Setidaknya, kapten Prancis itu bisa memberi kesulitan lewat kemampuan dribel. Dengan 6,75 dribel per laga, striker baru Real Madrid itu merupakan yang terbanyak di antara pemain lainnya.
Mbappe pun mengungguli winger Spanyol Lamine Yamal dengan 6 dribel per laga.

Begitu pula dengan kecepatan sprint Mbappe. Pemilik julukan Donatello itu yang tercepat di Euro 2024 dengan 36,5 kilometer per jam. Lagi-lagi mengungguli calon rivalnya dalam El Clasico, Yamal (FC Barcelona), maupun winger Spanyol lainnya, Nico Williams.

Alhasil, Spanyol pun harus membendung Mbappe jika ingin menyingkirkan Prancis dalam semifinal Euro 2024 di Fussball Arena, Munchen, dini hari nanti (siaran langsung RCTI/Euro 1/Euro 2/Euro 3/Sportstars 3/Sportstars 4 pukul 02.00 WIB).

La Furia Roja –sebutan Spanyol– pun menyiapkan ”jagal” yang mampu berlari cepat seperti Mbappe. Dia adalah bek kanan Jesus Navas. Kebetulan, Navas mendapatkan kesempatan bermain seiring akumulasi kartu yang diterima bek kanan reguler Dani Carvajal.

”Bukan berarti saya tidak percaya dengan Dani Carvajal (seandainya bisa dimainkan lawan Prancis, Red), tetapi Jesus Navas adalah opsi terbaik dan jadi anti-Mbappe kami,” kata entrenador Spanyol Luis de la Fuente kepada Marca.

Navas memiliki kecepatan sprint yang mendekati Mbappe. Bek kanan Sevilla FC tersebut dalam statistik UEFA pernah mencatatkan sprint 32,6 kilometer per jam. Meski, usianya sudah sangat senja alias 38 tahun.

”Jesus pemain yang sangat berpengalaman. Aku berharap ini akan jadi laga yang hebat baginya karena dibutuhkan pemain seperti dirinya untuk menghadapi pemain seperti Mbappe,” sahut gelandang jangkar Spanyol Rodri berbicara kepada EFE.

Selain Mbappe, Prancis juga punya pelari cepat lainnya seperti bek kiri Theo Hernandez dan wide attacker Ousmane Dembele. Dilansir Sport, Mbappe mengungkapkan bahwa dirinya bisa mengambil peran sebagai pengalih perhatian pemain lawan untuk dimanfaatkan rekannya di Les Bleus –julukan Prancis.

”Karena apa pun yang terjadi, yang paling penting adalah Prancis bisa menang,” tegas Mbappe.

Di antara semifinalis Euro 2024, Spanyol dan Prancis sekaligus tim dengan pertahanan terbaik atau baru kebobolan dua gol. Alhasil, selain beradu mencetak gol dengan mengandalkan para pemain cepat masing-masing, meruntuhkan pertahanan lawan merupakan tugas tidak kalah berat. (ren/c17/dns/jpg/rum/dek)

PERKIRAAN PEMAIN:

Spanyol (4-2-3-1):
23-Unai Simon (g); 22-Navas, 4-Nacho, 14-Laporte, 24-Cucurella; 16-Rodri, 8-Fabian; 19-Lamine Yamal, 10-Dani Olmo, 17-Nico Williams; 7-Morata (c)
Pelatih: Luis de la Fuente

Prancis (4-3-1-2):
16-Maignan (g); 5-Kounde, 4-Upamecano, 17-Saliba, 22-Theo Hernandez; 13-Kante, 8-Tchouameni, 6-Camavinga; 7-Griezmann; 12-Kolo Muani, 10-Mbappe (c)

Pelatih: Didier Deschamps

Siaran langsung: RCTI/Euro 1/Euro 2/Euro 3/Sportstars 3/Sportstars 4 pukul 02.00 WIB

Wasit: Slavko Vincic (Slovenia)
Stadion: Fussball Arena, Munchen

Asian Handicap 0:0
  • Bagikan