Bawaslu Keluhkan Pesta Miras di TPS

  • Bagikan
IST POSE BERSAMA. Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol. Aldinan R. J. H. Manurung pose bersama perwakilan lintas sektor usai kehiatan rakor di aula Bijaksana Polresta Kupang Kota, Rabu (10/7).

Diungkap Saat Rakor Lintas Sektor yang Digelar Polresta Kupang Kota

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Berdasarkan pengalaman pada Pemilu beberapa waktu yang lalu ketika dilakukan perhitungan suara diketahui bahwa masih terdapat warga yang mabuk-mabukan di sekitar Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hal tersebut justru mengganggu jalannya proses perhitungan kertas suara.

“Kami minta agar pihak kepolisian agar kejadian pesta minuman keras ini biss menjadi atensi sehingga bisa meminimalisir terjadinya tindak pidana di TPS," kata Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat & Humas Bawaslu Kota Kupang, Muhammad Fathuda.

Permintaan Muhammad Fathuda itu disampaikan langsung di hadapan Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol. Aldinan R. J. H. Manurung saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) lintas sektor di aula Bijaksana Polresta Kupang Kota, Rabu (10/7).

Rakor lintas sektor ini mengusung tema 'Kesiapan Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2024 Polresta Kupang Kota'. Pada kesempatan itu, Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol. Aldinan menjelaskan bahwa rakor yang digelar itu bertujuan untuk mengetahui persiapan dalam menghadapi tahapan demi tahapan menjelang Pilkada serentak tahun 2024.

”Diharapkan agar kita saling bergandengan tangan dan saling mendukung sehingga kegiatan persiapan menghadapi Pilkada bisa berjalan aman dan lancar," harap Kombes Pol. Aldinan.

Dengan demikian, kata Kapolresta Kupang Kota, segala bentuk gejolak Pilkada dapat ditangani secara bersama sama.

"Kolaborasi serta koordinasi menjadi kunci keberhasilan kita semua," ujarnya.

Terkait waktu juga akan ditentukan agar bersama- sama melakukan konvoi dalam bentuk patroli guna menunjukan kepada masyarakat bahwa sudah siap dalam menghadapi jalannya Pilkada serentak Tahun 2024. Selain itu, konvoi tersebut juga bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

"Kita menunjukan kepada masyarakat bahwa kita jauh dari politik praktis dalam hal ini kita sebagai Polri, TNI dan ASN akan netral pada saat Pilkada nanti," ungkapnya.

Sementara Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Polresta Kupang Kota, Kompol Oktovianus Wadu Ere menjelaskan bahwa Polresta Kupang Kota telah siap menghadapi tahapan-tahapan Pilkada serentak tahun 2024 dengan mempersiapkan personil, piranti lunak dalam menyukseskan Pilkada tahun 2024.

"Segalanya telah terencana dengan baik mulai dari tahap pendaftaran sampai kepada pelantikan nanti," jelas Kompol Okto Wadu Ere.

Komisioner KPU Kota Kupang yang diwakili oleh Koordinator Devisi Hukum dan Pengawasan Julianus J. P. Nomleni, mengatakan bahwa KPU sampai dengan saat ini sudah memulai kegiatan dengan melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih yang dilakukan oleh Petugas Pemutahiran Data Pemilih (Pantarlih).

"Sudah mencapai 46 persen, Pantarlih mendatangi rumah ke rumah. Kami masih pakai gudang pada saat Pemilu beberapa waktu yang lalu untuk menyimpan logistik Pemilu," pungkasnya.

Hadir pada kesempatan itu, Kajari Kota Kupang, Hotma Tambunan, Dandim 1604 Kupang yang diwakili oleh Pa.Sandi Intel Letda Inf. Marselus Tobu, Denpom Kupang IX /I Kupang yang diwakili oleh Mayor CPM Ketut Some Dana, Kasat Pol-PP Kota Kupang Rudi Abubakar dan para Pejabat Utama lingkup Polresta Kupang, Kapolsek jajaran serta para perwira. (r1/gat/dek)

  • Bagikan