Rayakan HUT ke-54 dengan Implementasikan New Generation Banking System

  • Bagikan
FENTI ANIN/TIMEX POTONG TUMPENG. Branch Manajer Bank Bukopin Kupang,Muhammad Nasyaruddin memotong tumpeng tanda perayaan HUT ke-54 KB Bank, di Kantor KB Bank Kupang, Rabu (10/7).

KB Bank Kupang Catat Pertumbuhan Pendapatan Bunga 11,04 persen

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Merayakan HUT Ke-54 KB Bank menggelar syukuran dan mengundang para nasabah prioritas untuk merayakan bersama, dengan makan bersama ditandai dengan acara pemotongan tumpeng, di Kantor KB Bank Kupang, Rabu (10/7).

Branch Manajer Bank Bukopin Kupang,Muhammad Nasyaruddin, mengatakan, merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan baginya, untuk dapat berkumpul bersama rekan-rekan Karyawan sekalian, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Perusahaan tercinta yang ke-54 tahun.

"Tahun ini adalah tahun yang penting bagi Perusahaan kita, dimana kita mencanangkan sejumlah target-target untuk pertumbuhan Perusahaan kita.Selain, kita juga masih harus menyelesaikan transformasi kita semua, salah satunya yaitu transformasi digital melalui Project SHINE dengan mengimplementasikan NGBS atau New Generation Banking System," jelasnya.

Dia mengatakan, di tengah situasi ekonomi Indonesia yang sedang mengalami pasang dan surut, terlebih dengan berbagai perkembangan situasi global dan geopolitik yang belum membaik, tentunya menjadi suatu tantangan tersendiri.

Dikatakan Muhammad Nasyaruddin, dimulai dari nilai tukar rupiah terhadap US Dolar yang belum sepenuhnya pulih, suku bunga acuan Bank Indonesia yang masih cukup tinggi, hingga perkembangan situasi geopolitik di Timur Tengah.

"Terlepas dari berbagai tantangan yang kita hadapi selama ini, kita tentunya juga patut berbangga, bahwa kita telah mencapai sejumlah perkembangan positif hingga saat ini, dimana hal ini tidak lepas dari kontribusi dan kerja keras dari kita semua," jelasnya.

Dari sisi kinerja contohnya, hingga periode Mei 2024, KB Bank telah mencatat pertumbuhan pendapatan bunga sebesar 11,04 persen dari Rp1,78 triliun di periode yang sama tahun 2023 menjadi Rp1,98 triliun di tahun 2024.

Pertumbuhan pendapatan ini juga mampu diimbangi dengan efisiensi beban bunga yang mengalami penurunan 1,04 persen, sehingga pendapatan bunga bersih (NII) tumbuh sebesar 140,93 persen dari Rp152 miliar di periode Mei 2023 menjadi Rp366 miliar di periode Mei 2024.

"Selain itu, kredit-kredit baru juga terus bertumbuh. Hingga Mei 2024, kita telah mencatat pertumbuhan kredit baru sebesar 79,34 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya," ungkapnya.

Muhammad Nasyaruddin melanjutkan, dari sisi kualitas aset, rasio kredit berkualitas rendah atau loan at risk (LAR) untuk periode lima bulan pertama tahun 2024 terjaga di 27,05 persen atau terus membaik dari periode yang sama di tahun 2023 yang menyentuh angka 49,64 persen.

Secara operasional, Perusahaan juga mencatatkan pertumbuhan pendapatan operasional lainnya sebesar
92,57 persen dari Rp162 miliar pada periode Mei 2023 menjadi Rp312 miliar pada periode Mei 2024.

Operasional Perusahaan juga semakin efisien, terlihat dari penurunan beban operasional lainnya sebesar 16,25 persen secara year-on-year.

Dengan berbagai pertumbuhan kinerja ini, Perusahaan telah mencatatkan laba operasional sebelum beban pencadangan atau PPOP positif sebesar Rp27 miliar hingga periode Mei tahun 2024. Catatan positif ini tentunya sejalan dengan target Perusahaan untuk mencapai laba bersih di tahun 2025.

"Perjalanan kita belum selesai dan perjalanan ini juga bukanlah perjalanan yang mudah. Masih banyak tantangan-tantangan kita bersama kedepannya.
Namun saya percaya, dengan tekat, semangat, dan ketekunan kita semua, kita mampu untuk melalui tantangan- tantangan yang ada dan mencapai pertumbuhan yang lebih tinggi lagi," pungkasnya.

Salah satu nasabah prioritas KB Bank Kupang,
Yeri Noppe yang mewakili Bank TLM, mengatakan, dengan usia 54 tahun ini, diharapkan KB Bank Kupang terus sukses dan meraih apa yang ditargetkan secara nasional. Dan para nasabah KB Bank Kupang semakin loyal ke depannya.

"Diharapkan semua rencana bisnis KB Bank Kupang dapat tercapai tahun ini," tandasnya. (thi/dek)

  • Bagikan