Kondisi Ibu dan Bayi Sehat dan Biaya Dicover JKN

  • Bagikan
IST BERSAMA. Tenaga kesehatan RSIA Dedari pose bersama dengan pihak BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kupang dan pasien Doriana M yang sementara menggendong bayinya, Senin (15/7).

Penanganan Operasi Persalinan Kembar Triplet di RSIA Dedari Kupang

Suatu kebahagiaan tersendiri manaka satu keluarga harus mendapatkan tiga anggota keluarga baru sekaligus. Sudah pasti rasa syukur akan menjadi ucapan pertama kali yang diutarakan keluarga tersebut usai menjalani operasi persalinan di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Dedari Kupang.

IMRAN LIARIAN, Kupang_

MANAJEMEN RSIA Dedari Kupang melalui tenaga kesehatannya berhasil melakukan penanganan madis untuk kelahiran seorang ibu dari Kabupaten TTS. Yang luar biasa adalah ibu yang diketahui bernama Doriana M, 36, melahirkan tiga orang bayi sekaligus atau kembar triplet.

Bayi kembar triplet atau tiga itu lahir selamat di RSIA Dedari Kupang. Kondisi ibu dari ketiga bayi itu Doriana M juga dalam keadaan sehat usai operasi persalinan.

"Pasien ini kami mendapatkan rujukan dari Rumah Sakit Umum Daerah SoE. Kami langsung melakukan operasi untuk mengambil dua bayi dalam rahim. Namun, setelah saya lihat lagi ternyata masih ada satu bayi dalam rahim," kata dr. D. A. A. Santi Widyasari, Sp. OG selaku dokter spesialis kandungan di RSIA Dedari Kupang, Senin (15/7).

Dikatakan dr Sinta bahwa persalinan Doriana berjalan lancar. Si ibu dan tiga bayinya dalam kondisi sehat.

"Operasi kita laksanakan pukul 22.30 Wita, Minggu (14/7)," ujarnya.

Tiga bayi kembar itu terdiri dari dua bayi berjenis kelamin perempuan dan satu bayi berjenis kelamin laki-laki. Pasien ini yang mendapatkan pelayanan kesehatan di RSIA Dedari tidak dipungut biaya karena terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Rosalia selaku Staf Kerja Sama Fasilitas Kesehatan dari BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kupang menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan turut senang karena menemui peserta JKN yang mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik mulai dari Puskesmas kemudian Rumah Sakit Soe hingga dirujuk ke RSIA Dedari Kupang guna menjalani operasi persalinan tiga bayi kembar dimana semua biayanya tercover JKN. Artinya, kata Rosalia, tidak ada kendala terkait pelayanan dan penjaminannya.

"Semua dijamin oleh JKN," ujarnya.

Tiga bayi kembar ini juga telah dijamin oleh JKN. Karena ibu bayi sudah terdaftar sebagai peserta JKN maka setelah lahir kartu JKN untuk tiga bayi kembar ini juga sudah bisa langsung diterbitkan.

"Kami sudah konfirmasi langsung ke pasiennya bahwa tidak ada biaya yang dikeluarkan dan pasien puas dengan pelayanan yang diterima sehingga Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Puskesmas Panite, RSUD Soe dan juga RSIA Dedari Kupang karena telah melayani peserta JKN dengan baik," ungkapnya.

Sementara Kepala Unit Humas RSIA Dedari, Waldermark D. Saekoko menjelaskan bahwa RSIA Dedari telah bermitra dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) pada beberapa kabupaten/kota untuk penerbitan akta kelahiran dan kartu keluarga (KK).

RSIA Dedari Kupang juga telah bekerja sama dengan Dinas Dukcapil Kota Kupang, Kabupaten Kupang,TTS, Rote Ndao, dan Kabupaten Sabu Raijua.

"Pasien sudah melengkapi administrasi kemudian kita kirim ke Dinas Dukcapil daerah asal untuk penerbitan akta kelahiran dan KK," pungkasnya. (gat/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version