DEJAVU BERNABEU 15 TAHUN LALU

  • Bagikan
NET KYLIAN MBAPPE. Saat di perkenalkan kepada fan Real Madrid.

Perkenalan Mbappe seperti Cristiano Ronaldo, Dihadiri 80 Ribu Penonton

MADRID,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID – ”Aku melihat ibuku (Fayza Lamari, Red) menangis. Ini hari luar biasa bagiku. Aku ingin memenangkan banyak gelar dan menjadi bagian dari sejarah klub ini. Terima kasih kepada Florentino Perez. Hala Madrid!” Itu adalah bunyi beberapa kalimat Kylian Mbappe ketika mengawali seremoni perkenalan sebagai pemain Real Madrid kemarin (16/7).

Prosesi yang berlangsung di Estadio Santiago Bernabeu, Madrid, itu bak dejavu 15 tahun silam ketika Cristiano Ronaldo melakukan hal serupa. Penonton yang hadir di kandang El Real itu pun identik, yaitu mencapai 80 ribu orang. Tiket termahal untuk menonton Mbappe kemarin adalah EUR 100 (Rp 1,76 juta) dan semuanya ludes terjual.

Dalam perkenalannya, Donatello –julukan Mbappe– mencium logo Real di dada kiri jersey yang dikenakannya. Sama seperti yang dilakukan Ronaldo. Mbappe juga mengenakan nomor 9. Lagi-lagi serupa dengan Ronaldo meski CR7 –inisial ikonik Ronaldo– hanya mengenakannya selama semusim (2009–2010) sebelum berganti ke nomor 7 pada musim 2010–2021.

Alur yang bisa diikuti Mbappe. Musim depan, kapten timnas Prancis berusia 25 tahun itu bisa beralih ke nomor 10 lantaran kontrak gelandang veteran Luka Modric bakal berakhir.

Beberapa kesamaan tersebut membuat Madridistas –fans Real– yakin bahwa Mbappe bisa merepetisi prestasi Ronaldo. Selama berkostum Real, CR7 memenangkan 15 trofi dan 4 Ballon d’Or.
Selain itu, kapten Portugal tersebut mencetak 450 gol dari 438 laga.

Legenda (pemain sekaligus pelatih) Real sekaligus timnas Prancis Zinedine Zidane yang hadir dalam seremoni kemarin mendukung Mbappe bisa seperti Ronaldo. Zizou –sapaan Zidane– sekaligus salah satu figur yang paling berjasa dalam bergabungnya Mbappe ke Real.

Sebelum Mbappe memutuskan untuk menolak perpanjangan kontrak di Paris Saint-Germain tahun lalu, Zidane telah memberi bocoran mengenai situasi di Real. Alhasil, Real bisa mendapatkan Mbappe secara gratis musim ini.

Selain itu, Zizou punya memori memboyong Mbappe ke Valdebebas, markas latihan Real, 12 tahun silam untuk menjajal La Fabrica –sebutan akademi Real.

”Kylian (Mbappe) telah menjadi salah satu pemain terbaik dunia, sama seperti Cristiano (Ronaldo) ketika datang ke klub ini,” kata Zidane kepada The Madrid Zone.

Peresmian Mbappe ke Real sekaligus mengakhiri saga transfer dalam tujuh tahun terakhir. Los Merengues –sebutan Real– telah mengejar Donatello sejak dia tampil sensasional pada musim 2016–2017. Yaitu ketika membawa AS Monaco juara Ligue 1 lalu menjadi semifinalis Liga Champions.

”Selamat datang di rumahmu. Aku paham artinya ini (berkostum Real, Red) bagimu dan keluargamu. Ekspresi bahagiamu berada di sini telah terpancar sejak kali pertama kau di sini saat usiamu 13 tahun,” kata Presiden Real Florentino Perez seperti dilansir Marca.

Sayangnya, Madridistas tidak bisa menyaksikan penampilan Mbappe dalam tur pramusim ke AS yang dimulai akhir bulan ini. Sebab, ada aturan di Real, jika timnas pemain bersangkutan lolos minimal hingga semifinal turnamen mayor, maka dia diizinkan off dalam pramusim. Mbappe bersama Les Bleus –sebutan Prancis– melaju hingga semifinal di Euro 2024 yang berakhir Senin (15/7) dini hari.

Artinya, Mbappe kemungkinan baru debut bersama Real pada Piala Super Eropa kontra Atalanta BC bulan depan (15/8). Laga yang dimainkan di PGE Narodowy, Warsawa, itu sekaligus bisa jadi debut berujung trofi pertama Mbappe bersama Los Merengues. (io/c17/dns/jpg/rum/dek)

  • Bagikan