37 WBP Jadi Kader Kesehatan

  • Bagikan
IST PELATIHAN. Sebanyak 37 orang WBP berkesempatan mengikuti pelatihan kader kesehatan di Lapas Kelas IIA Kupang, Selasa (16/7).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Sebanyak 37 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dilatih jadi kader kesehatan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kupang.

Pelatihan kader kesehatan gelombang I tahun 2024 ini dibuka oleh Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik (Kasi Binadik), Demetrius A. D. Goku, Selasa (16/7).

Kasi Binadik Lapas Kelas IIA Kupang, Demetrius menyatakan, pelatihan kader kesehatan itu bertujuan agar para WBP dapat membantu rekan-rekannya dalam menerapkan pola hidup sehat dan bersih.
Selain itu juga untuk mencegah penyebaran penyakit menular di lingkungan Lapas.

"Pelatihan ini berorientasi pada upaya pengendalian penyakit menular seperti HIV-AIDS dan TBC," jelasnya.

Menurutnya, WBP yang menjadi kader kesehatan diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan tenaga medis di Klinik Lapas Kupang. Selain itu, para kader kesehatan juga dapat membantu dengan cara memantau kesehatan teman-teman warga binaan di dalam blok hunian yang memerlukan penanganan medis dan terlibat langsung dalam kegiatan layanan kesehatan.

"Harapan saya agar para kader kesehana ini mampu bekerja sama dengan para tenaga medis dalam memberikan layanan kesehatan, terutama memberikan pertolongan pertama kepada warga binaan yang mengalami masalah kesehatan," pungkasnya.

Untuk diketahui, ke-37 orang WBP itu diberikan pemahaman mengenai pentingnya peran kader dalam mempromosikan kesehatan dan mencegah penyebaran penyakit di lingkungan Lapas Kupang.

Materi ini disampaikan oleh oleh Dokter Klinik Pratama Cendana Lapas Kelas IIA Kupang, dr. Fika Silvia dan Marselinus Leki. (r1/gat/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version