Prabowo Putuskan 5 Cagub Gerindra, NTT Diberikan ke Melki Laka Lena

  • Bagikan
Sekjen DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani saat memberi keterangan pers terkait putusan calon gubernur untuk lima provinsi di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/7). (FOTO: Aristo/JPNN)

JAKARTA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Teka-teki siapa bakal calon gubernur (Cagub) yang akan keluar dari Partai Gerindra di Nusa Tenggara Timur (NTT) akhirnya terkuak. Setelah muncul beberapa nama, akhirnya sang Ketua Umum, Prabowo Subianto memutuskan mengusung kader yang juga Ketua DPD Partai Golkar NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena sebagai Cagub NTT pada perhelatan Pilkada serentak 27 November mendatang.

Selain NTT, Prabowo yang juga Presiden RI terpilih pada Pemilu 14 Februari 2024 lalu, telah memutuskan empat cagub lainnya, yakni Provinsi Nangroe Aceh Darusallam (NAD), Maluku, Kalimantan Tengah (Kalteng), dan Jawa Tengah (Jateng).

"Pak Prabowo telah mengambil keputusan untuk lima calon gubernur yang sudah beliau putuskan untuk maju menjadi calon gubernur di lima provinsi," ungkap Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani saat konferensi pers di kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta, Senin (22/7).

Muzani menjelaskan, dari lima cagub yang diusung Gerindra tersebut, hanya satu orang yang berstatus sebagai kader internal Gerindra, yakni Cagub Maluku, Hendrik Lewerissa. "Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Maluku untuk maju menjadi calon gubernur di Provinsi Maluku," ujar Muzani.

Selain itu, lanjut Muzani, untuk Provinsi Aceh, Gerindra memutuskan mendukung Muzakir Manaf.
Muzakir merupakan Ketua Umum Partai Aceh dan pernah menjabat Wakil Gubernur NAD periode 2012-2017. "Kemudian untuk wakil, beliau masih terus berkomunikasi dan berkoordinasi, harapannya bisa dari kader Gerindra," sambung politikus yang juga Wakil Ketua MPR RI itu.

Selanjutnya, untuk Pilgub Kalteng, Gerindra mengusung kader PDI Perjuangan, yakni Agustiar Sabran sebagai cagub. Kemudian pada Pilkada Jateng 2024, Gerindra mengusung Irjen Ahmad Luthfi sebagai Cagub. Sebagaimana diketahui, Irjen Luthfi merupakan Kapolda Jateng saat ini.

"Itu beberapa nama yang Pak Prabowo putuskan untuk maju menjadi calon pemimpin, calon gubernur yang akan dipilih dalam Pilkada tanggal 27 November yang akan datang," katanya.

Dengan keputusan ini, Muzani berharap seluruh kader Gerindra bisa bergerak untuk memenangkan nama yang sudah diputuskan maju di Pilkada Aceh, NTT, Maluku, Kalteng, dan Jateng November 2024 nanti.

"Kami harap seluruh kader Partai Gerindra segera mempersiapkan diri untuk memenangkan cagub yang akan kami majukan dalam Pilkada yang akan didaftarkan pada 27 Agustus yang akan datang," pungkasnya. (ast/jpnn/aln)

SUMBER: JPNN.com

  • Bagikan