RSUP dr. Ben Mboi-Dexa Group Gelar Operasi Katarak Gratis

  • Bagikan
Dirut RSUP, dr. Ben Mboi, dr. Anas Ahmad bersama jajaran foto bersama Coorporate Affairs Director Dexa Group serta dua pasien operasi katarak usai seremoni pembukaan Operasi Katarak di RSUP dr. Ben Mboi, Selasa (23/7). (FOTO: YOPPY LATI/TIMEX)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Komitmen untuk membantu masyarakat NTT dalam urusan kesehatan mata kembali ditunjukkan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Ben Mboi. Menggandeng perusahaan obat Dexa Group, melakukan operasi katarak gratis bagi para penderita yang ada di Kota Kupang dan sekitarnya.

Dari ratusan pasien katarak yang di-screaning, sebanyak 30 orang dinyatakan lolos untuk ikut dalam operasi yang berlangsung Selasa (23/7) dan Rabu (24/7) di RSUP dr. Ben Mboi. Operasi katarak berajuk "Melihat Lebih Terang" ini merupakan kegiatan kedua yang dilakukan Dexa Group bekerjasama dengan RSUP dr. Ben Mboi.

Pantauan media ini, kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dibuka Direktur Utama (Dirut) RSUP dr. Ben Mboi Kupang, dr. Anas Ahmad, Sp.B, FICS. Hadir mendampingi Direktur Medik dan Keperawatan RSUP dr. Ben Mboi Kupang, dr. Robinzon Fanggidae, SpAn-Ti serta sejumlah dokter lainnya. Hadir pula Coorporate Affairs Director Dexa Group, Tarcisius Tanto Randy dan jajaran dari Jakarta.

Director Dexa Group, Tarcisius Tanto Randy pada kesempatan itu menyampaikan, operasi katarak yang dilakukan di NTT dalam rangka memperingati Ulang Tahun Dexa Medika ke-55. Kegiatan serupa juga dilakukan di beberapa kota seperti di Palembang, Karawang, Cikarang, dan lainnya.

"Selain itu ada juga pengobatan gratis lainnya seperti pemeriksaan gula darah, kolesterol, dan sebagainya. Jadi banyak kegiatan yang kami lakukan dalam rangka memperingati ulang tahun ke-55 ini," ungkapnya. "Semoga ke depan Dexa Group semakin unggul dan semakin tangguh," tambahnya.

Tarcisius mengaku, pihaknya telah bersepakat dengan manajemen RSUP dr. Ben Mboi agar kegiatan ini menjadi agenda tetap Dexa Group, dan kalau bisa dilakukan setiap tahun sehingga jumlah pasien yang terjaring lebih banyak lagi.

Dirut RSUP dr. Ben Mboi memberi apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pimpinan Dexa Group yang telah menginisiasi bakti sosial operasi katarak gratis dan banyak pasien yang antusias mengikuti kegiatan tersebut.

"Kita berharap bahwa kontribusi positif yang dilakukan Dexa Group sangat bermanfaat dan dirasakan oleh masyarakat Kota Kupang maupun NTT secara keseluruhan," ujar dokter ahli bedah ini.

Bersama Dexa Group, lanjut dia, sudah berkomitmen agar kegiatan ini menjadi kegiatan tahunan atau program rutin sehingga banyak menyentuh lapisan masyarakat. "Kita tahu bahwa katarak ini adalah penyakit yang disebabkan karena ketuaan sehingga akan semakin banyak masyarakat yang mengalaminya. Dengan hadirnya program Dexa Group bertema "Melihat Lebih Terang" ini, diharapkan masyarakat yang sudah mulai mengalami gangguan penglihatan, buram-buram, kabur-kabur dengan dapat melihat normal kembali dengan jelas. "Itu yang kita harapkan," terangnya.

Pada kesempatan itu dokter Anas menyampaikan terima kasih khusus kepada dua dokter mata RSUP dr. Ben Mboi yang telah memberikan kontribusi positif dalam kegiatan itu selaku operator dalam operasi katarak ini.

Mengenai pembiyaan, dr. Anas menyatakan bahwa sepenuhnya menjadi tanggung jawab Dexa Group sebagai penyelenggara. "Kalau kita membandingkan pembiayaan yang dibayarkan BPJS pada satu orang pasien katarak nilainya kurang lebih Rp 7.500.000, dan semua pembiayaan yang timbul atas kegiatan ini ditanggung Dexa Group sehingga sekali lagi kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih," ujarnya. (*/yl)

  • Bagikan