Jujur dan Rajin Modal Utama Meniti Karier

  • Bagikan
PELEPASAN. Kepala SMKN 1 Kupang, Mixon R.N. Abineno saat melepas 13 lulusan yang diterima bekerja di Alfamart, Selasa (23/7)

13 Lulusan SMKN 1 Kupang Diterima Bekerja di Alfamart

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Sebanyak 13 orang lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kupang resmi diterima bekerja sebagai karyawan Alfamart. Rasa bangga terhadap prestasi lulusan itu, pihak sekolah menggelar acara pelepasan di Aula SMKN 1 Kupang, Selasa (23/7).

Ke 13 alumni jurusan Pemasaran itu akan ditempatkan di Alfamart yang ada di Pulau Timor sebanyak 10 orang dan 3 orang lainnya akan bekerja di Bali.

Mixon R. N. Abineno, Kepala SMKN 1 Kupang memberikan wejangan kepada mantan siswanya agar bekerja mesti mengutamakan kejujuran dan rajin.

“Apa yang sudah diajarkan kurang lebih tiga tahun terakhir ditetapkan secara baik. Harus jujur karena yang akan kalian berhubungan dengan barang dan uang,” katanya.

“Selain jujur maka kita juga harus rajin karena kita diterima untuk bekerja bukan pergi lalu duduk-duduk saja,” tambahnya.

Mixon juga mengingatkan agar mantan siswanya itu belajar berbahasa inggris. Terutama mereka yang ditempatkan di Bali. Sebab banyak turis dan orang asing.

“Minimal sehello dengan bule. Mulai dari hal-hal kecil dan membiasakan diri. Kita akan bisa kalau sudah biasa,” ujarnya.

Acara yang dihadiri oleh siswa kelas X dan XI itu juga diingatkan agar belajar dari pengalaman senior-seniornya agar dapat terserap didunia kerja ketika tamat nanti.

“Kelas X mulai mempersiapkan diri karena akan menyusul dengan melakukan magang (kelas Alfamart),” ungkapnya.

Kembangkan kemampuan dan pengetahuan anda untuk menentukan masa depan anda sendiri.

“Mumpung kalian masih muda, ditempatkan dimana saja jalankan. Anda adalah alumni SMKN 1 Kupang maka menjaga almamater kalian dengan menunjukan sikap dan perilaku yang baik kepada masyarakat,” tandasnya.

Lanjutnya, kerja sama Alfamart dan SMKN 1 Kupang dalam bentuk kelas Alfamart berlangsung sejak tahun 2019. Dari kerja sama ini, dibuka kelas Alfamart. Alfamart akan memberikan pembelajaran atau menerima siswa untuk belajar bekerja di Alfamart.

“Kami mengirimkan siswa kami untuk magang. Pihak Alfamart sendiri juga mendapatkan jam mengajar disini sebagai bentuk kolaborasi pendidikan dengan dunia usaha. Tiga tahun terakhir Alfamart sudah merekrut sebanyak 21 lulusan sebagai karyawan tetap,” tandasnya.

Koordinator Pengawasan SMK Kota Kupang, Ulviyanti Toele dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah dan Alfamart yang sudah menjalin kerja sama dan memberikan kesempatan kerja kepada lulusan.

Apa yang dilakukan SMKN 1 Kupang sudah menjawab tuntutan kurikulum vokasi yang dicanangkan kementerian. “Kami berterima kasih kepada pihak sekolah dan pihak dunia usaha,” ucapnya. (cr6/thi/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version