Kans Transfer Termahal Saudi Pro League

  • Bagikan
NET TINGGALKAN MANCITY? Ederson Moraes bakal menorehkan nilai transfer mahal di Suadi Pro League, jika jadi bergabung dengan Al Ittihad.

JEDDAH, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID – Dari Cristiano Ronaldo dengan free transfer pada musim 2022–2023, bursa transfer Saudi Pro League meroket musim lalu (2023–2024) ketika Neymar Jr datang dengan banderol EUR 90 juta (Rp 1,58 triliun).

Selain Neymar, Al Hilal SFC juga mendatangkan dua pemain berbanderol satu triliun rupiah seperti Malcom dan Ruben Neves. Investasi yang berbuah gelar juara Saudi Pro League untuk Al Za’eem alias The Boss –julukan Al Hilal SFC.

Menghadapi musim 2024–2025, bursa transfer Saudi Pro League punya potensi mendatangkan transfer kelas kakap lainnya. Meski mungkin sulit menandingi banderol Neymar, tetapi Brasileiro punya potensi kembali jadi yang termahal. Yakni, seandainya juara Saudi Pro League 2022–2023 Al Ittihad Club berhasil mendatangkan kiper timnas Brasil Ederson Moraes.

Kiper utama Manchester City itu dikabarkan sudah mencapai kesepakatan personal untuk bergabung dengan Al Ittihad. Bukan hanya itu, Al Ittihad diklaim bersedia merogoh kocek EUR 50 juta (Rp 882,4 miliar) untuk peraih tiga kali Golden Glove Premier League tersebut. Angka yang dapat membuat Ederson menjadi pemain termahal dalam sejarah Nadi Al Sha’ab (The People’s Club) –julukan Al Ittihad.

Nominal yang disodorkan Al Ittihad lebih mahal EUR 15 juta (Rp 264,4 miliar) dari nilai pasar Ederson. Artinya, City sangat mungkin tidak akan mempersulit kepindahan kiper 30 tahun tersebut. Meski, kontrak Ederson masih tersisa sampai 30 Juni 2026.

”Ederson juga bukan kiper yang akan membuat Pep Guardiola (pelatih City, Red) merasa kehilangan seandainya memang pergi karena Stefan Ortega tampil gemilang musim lalu,” tulis Manchester Evening News. Bahkan, City disebut mulai menjajaki Gianluigi Donnarumma (Paris Saint-Germain) sebagai opsi pengganti.

Kans kepindahan Ederson lebih santer terdengar ketimbang gelandang serang City Kevin De Bruyne yang juga dikaitkan dengan Al Ittihad. Sebab, Al Ittihad juga sudah mendatangkan gelandang lainnya dari AS Roma, Houssem Aouar. Stok gelandang di tim asuhan Laurent Blanc itu pun cukup sesak lantaran masih ada N’Golo Kante, Fabinho, dan duo gelandang masa depan timnas Arab Saudi. Yaitu Faisal Al-Ghamdi dan Ahmed Al-Ghamdi.

’’Kami ingin membangun skuad terbaik dalam Saudi Pro League musim ini,’’ ucap Blanc yang juga memiliki kapten-striker Karim Benzema seperti dikutip Saudi World Football.

Andai jadi bergabung dengan Al Ittihad, Ederson bakal menyalip nilai transfer termahal sementara yang dimiliki kiper timnas Brasil lainnya, Bento Matheus Krepski. Kiper 25 tahun itu digaet Al Nassr dari Athletico Paranaense dengan nilai transfer EUR 18 juta (Rp 317,7 miliar).

Terpisah, rencana kepindahan Ederson ke Saudi Pro League disikapi mantan kiper timnas Inggris David James mengurangi peta persaingan kiper top di Premier League. Selama ini, Ederson selalu bersaing dengan kiper Liverpool FC yang juga kompetitor di timnas Brasil, Alisson Becker.

”Selalu saja ada ketertarikan kepada pemain hebat oleh klub dari sana (Saudi Pro League). Aku rasa City sebaiknya mempertahankan dia (Ederson),” tutur James dalam siniarBest Online Poker Sites.(ren/c17/dns/rum/dek)

  • Bagikan