MEMBURU KLUB KETUJUH

  • Bagikan
NET BALIK KE EROPA. Tampil Sebagai emain terbaik Copa America 2024, Memilih memutuskan kontraknya dengan Sao Paulo dan ingin kembali menjajal liga Eropa.

James Ingin Balik ke Liga Elite Eropa

SAO PAULO, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID – Juli yang manis untuk James Rodriguez. Pemain yang berulang tahun ke-33 pada 12 Juli lalu itu tidak hanya tampil gemilang dengan meloloskan Kolombia ke final Copa America di AS (15/7). James sekaligus dianugerahi predikat pemain terbaik dalam ajang sepak bola terbesar di Benua Amerika tersebut.

Performa James di Copa America disebut mengingatkan James ketika moncer kali pertama dalam Piala Dunia 2014 di Brasil. Hal itu pula yang melatarbelakangi keputusan James untuk mengakhiri kontrak dengan klub Brasil Sao Paulo FC kemarin (23/7). Kontrak James sejatinya masih tersisa sampai 30 Juni 2025.

Lalu, kenapa dia memilih pergi? ”James memang ingin berpisah dari Sao Paulo FC setelah Copa America. James ingin kembali ke sepak bola Eropa,’’ kata pakar transfer sekaligus jurnalis sepak bola dari Italia Fabrizio Romano.

Seiring performanya membaik lagi, James tentu masih kompetitif di liga elite Eropa. Apalagi, empat liga elite Eropa pernah dirasakannya. Masing-masing Ligue 1 bersama AS Monaco, LALIGA dengan Real Madrid, Bundesliga (Bayern Munchen), sampai Premier League (Everton).

Jika menemukan klub baru di Eropa, klub tersebut akan menjadi yang ketujuh dalam karier James. Dua lainnya adalah FC Porto sebagai klub awal karier di Benua Biru serta Olympiakos (Yunani) yang notabene klub terakhirnya (2023) sebelum balik ke Amerika Latin bersama Sao Paulo FC.

”Kehadirannya (James) di klub saat itu merupakan salah satu musim terbaik yang pernah dijalani Everton,” kata Seamus Coleman, bek kanan Everton yang menjadi rekan James pada musim 2020–2021, di laman resmi klub.

Coleman yang masih terikat kontrak dengan The Toffees sampai 30 Juni 2025 mengingatkan momen ketika James membantu kemenangan 2-0 atas Liverpool FC dalam derbi Merseyside di Anfield. Itulah kemenangan pertama Everton di kandang LFC sejak 1999.

Everton memang disebut ingin bernostalgia dengan James. Tapi, investor baru yang belum pasti dan James yang ingin menjajal klub berbeda bisa menghalangi rencana tersebut. Kandidat yang muncul kini mengarah ke deretan klub LALIGA seperti Real Betis, Atletico Madrid, dan Villarreal CF.

Ketika dikonfirmasi, Direktur Olahraga Real Betis Manu Fajardo belum memberikan kepastian tentang keterkaitan klubnya dengan James.

”Yang aku tahu, James adalah pemain yang punya karier Eropa yang tidak bisa diragukan lagi. Dia sudah terbiasa bermain dengan klub besar di Eropa,” tuturnya kepadaDiario AS.

Atletico yang berkiprah di Liga Champions tentu lebih punya daya tarik bagi James. Apalagi, James juga tidak akan asing dengan kehidupan di Kota Madrid seiring pernah memperkuat Real Madrid.(ren/c19/dns/rum/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version