Tingkatkan Ekonomi Keluarga

  • Bagikan
IST PELATIHAN. Dr. Ir. Geertruida Margareth Sipahelut foto bersama para peserta usai kegiatan pelatihan pengelolahan makanan di Gereja Kaisarea Kolhua, Selasa (23/7).

UP Perempuan GMIT Kaisarea Kolhua Ikut Pelatihan Olah Makanan

KUPANG,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Guna membantu meningkatkan keterampilan masyarakat dalam mengembangkan usaha meningkatkan ekonomi keluarga, maka para ibu yang tergabung dalam UP Perempuan GMIT Jemaat Kaisarea Kolhua mengikuti penyuluhan sekaligus demonstrasi pengolahan produk olahan daging dan telur. Kegiatan ini digelar di Gereja Kaisarea Kolhua, Selasa (23/7)

Pada kesempatan pelatihan tersebut, para ibu juga mendapat pendampingan dan evaluasi serta mendapatkan paket bantuan berupa alat pengolahan produk.

Dr. Ir. Geertruida Margareth Sipahelut selaku pelatih dari Fakultas Peternakan Undana kepada Timor Express usai kegiatan mengatakan, sebelum dilakukan praktik atau demontrasi, kegiatan didahului dengan penyuluhan dengan cara memberikan ceramah mengenai pentingnya protein hewani bagi kesehatan masyarakat.

Demonstrasi dilakukan dengan praktik langsung pembuatan se’i babi, nuget ayam dan acar telur. Teknologi yang diterapkan ini adalah dengan pengadaan peralatan pengolahan daging dan telur serta materi petunjuk pengolahan produk.

Manajemen usaha dilakukan dengan mengadakan kerja sama dengan koperasi, warung, toko dan pedagang di pasar untuk pemasaran.

’’Untuk mengisi waktu luang setelah menyelesaikan pekerjaan rumah tangga maka ibu-ibu perlu diberi peningkatan keterampilan yang bukan saja menambah gizi keluarga tapi juga dapat meningkatkan pendapatan keluarga,” ungkap Geertruida Margareth Sipahelut.

Para peserta kegiatan tersebut berprofesi sebagai ibu rumah tangga, pegawai negeri sipil (PNS) yang merupakan masyarakat yang cukup produktif secara ekonomi. Sehingga diharapkan agar setiap bulannya kelompok ibu-ibu ini bisa rutin melaksanakan pertemuan melalui kegiatan ibadah maupun arisan bersama. (dek)

  • Bagikan