Calon Lawan Sama-Sama Garang

  • Bagikan
pssi.org DUA GOL. Jens Raven saat merayakan olnya ke gawabf Timor Leste, Selasa lalu.

SURABAYA,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID – Siapa yang bakal melawan Indonesia U-19 di semifinal Piala AFF U-19 akan ditentukan hari ini. Tepatnya pertandingan grup C antara Malaysia U-19 melawan Thailand U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Pemenang laga tersebut akan berjumpa Indonesia Sabtu (27/7) mendatang.

Siapa pun yang bakal jadi lawan, langkah Indonesia U-19 menuju final Piala AFF U-19 dipastikan sangat berat. Baik Malaysia U-19 maupun Thailand U-19 bukan lawan sembarangan. Kualitasnya sangat jauh dibandingkan tiga lawan Garuda Nusantara U-19 di penyisihan grup A lalu, yakni Timor Leste U-19, Kamboja U-19, dan Filipina U-19.

Malaysia U-19 misalnya. Selain jadi pemuncak sementara grup C, Harimau Malaya Muda belum terkalahkan. Bahkan clean sheet alias nirbobol dalam dua pertandingan dan mencetak 16 gol.
Thailand U-19 juga sama. The War Elephant juga belum terkalahkan. Dua pertandingan, kebobolan satu gol dan mencetak delapan gol.

Pelatih Indonesia U-19 Indra Sjafri tidak mau berkomentar banyak siapa yang bakal jadi lawan Indonesia U-19. Yang jelas, jika melawan Thailand U-19, baginya sudah terlalu sering.

’’Terakhir bertemu Thailand itu di SEA Games (2023 di Kamboja), kalau Malaysia agak jarang,’’ katanya.

Ya, Indra Sjafri terakhir bertemu Thailand di final SEA Games 2023 Kamboja. Saat itu mantan pelatih Bali United tersebut berhasil mengalahkan Thailand U-22. Dan menorehkan rekor Indonesia dengan meraih medali emas setelah puasa 32 tahun.

Nah, bertemu Malaysia U-19, Indra Sjafri sebenarnya dibayangi rekor buruk. Tercatat, Indonesia U-19 yang pernah diasuhnya empat kali bertemu Malaysia U-19. Dari empat pertandingan tersebut, Indra Sjafri tidak pernah menang. Dua kali imbang, dua kali kalah.

Apalagi, Malaysia U-19 di Piala AFF U-19 kali ini predikatnya juara bertahan. Skuad yang dibawa pun mayoritas dari tim Johor Darul Ta'zim. Tim yang dikenal melahirkan pemain-pemain muda Malaysia.
Tapi, Indra Sjafri menatap laga semifinal dengan sangat percaya diri. Punya predikat tidak terkalahkan di babak fase grup, dia juga sudah punya komposisi yang pas untuk laga semifinal.

’’Kami sudah punya gambaran skuad terbaik dari evaluasi tiga pertandingan. Semua pemain kami mainkan, minus satu kiper saja,’’ ujarnya. (rid/c17/ady/jpg/rum/dek)

  • Bagikan