PLN Serah Terima Jasa Operation & Maintenance PLTMG Maumere

  • Bagikan
PLN UIW NTT FOR TIMEX SERAH TERIMA. PT PLN (Persero) sebagai Holding mempercayakan kepada Sub Holding PT PLN Nusantara Power (PT PLN NP) yang diwakili di Site oleh PT Nusantara Power Service (PT NPS).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Maumere merupakan PLTMG kedua yang beroperasi di pulau Flores dan Provinsi Nusa Tenggara Timur setelah PLTMG Rangko di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat.

PLTMG Maumere yang mulai dibangun pada tahun 2018 dan beroperasi pada Tanggal 18 Juni 2019 sampai tahun ini telah beroperasi selama 5 tahun.

Sejak Beroperasinya PLTMG Maumere, untuk pekerjaan Operation and Maintenance (OM) atau operasi dan pemeliharaan pembangkit dilakukan oleh PT MAN Energy Solutions yang merupakan anggota konsorsium dari Engineering, Procurement, and Construction (EPC) dengan kontrak kerjasama selama lima tahun hingga 18 Juni 2024.

Untuk kelanjutan pengoperasian dan pemeliharaannya, PT PLN (Persero) sebagai Holding mempercayakan kepada Sub Holding PT PLN Nusantara Power (PT PLN NP) yang diwakili di Site oleh PT Nusantara Power Service (PT NPS) .

Handover atau serah terima (OM) PLTMG Maumere dilaksanakan di kantor PLN UPK Flores Jl. Don Slipi, Kelurahan Wailiti, Kecamatan Alok Barat, Maumere pada Rabu, 19/06.

"Secara kontraktual jasa operasi dan pemeliharaan PT MAN Energy Solution berakhir dan dialihkan ke PT PLN (Persero), kemudian skemanya langsung di serahkan ke PT PLN Nusantara Power dan di site diwakili oleh PT Nusantara Power Service (NPS) untuk melanjutkan estafet operasi dan pemeliharaan PLTMG Maumere," Ujar General Manager PLN UIW NTT, I Gede Agung Sindu Putra.

Manager PLN UPK Flores, Andi Martha Siswahyudi dalam acara tersebut menambahkan, tanggal 18 Juni 2024 adalah 5 Tahun PLTMG Maumere beroperasi, harapannya serah terima ini bisa berjalan dengan baik, baik itu dari sisi legal, teknis operasional, pemenuhan peraturan perijinan lingkungan, serta pekerjaan lainnya.

Raka Sukma Purwoto selaku Plant Manager PT MAN Ernegy Solutions menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada PT PLN (Persero) UIW NTT dan UPK Flores atas dukungan,bantuan, kordinasi dan kerjasamanya yang baik selama periode (OM) berlangsung.

“Kami dari sisi internal banyak sekali secara manajemen dan personal mendapatkan banyak pengetahuan baru, rekanan baru, informasi-informasi baru dan secara personal kami bisa mengeksplor dalam pengoperasian dan pemeliharaan pembangkit," ujarnya.

Dia juga memberikan selamat kepada PT PLN NPS untuk melanjutkan tongkat estafet (OM) PLTMG Maumere semoga bisa berjalan dengan baik dan lancar.

"Kami dari sisi manajemen dan personal pun siap dan sangat terbuka untuk berkomunikasi jika ada hal-hal yang dibutuhkan selama proses handover yang belum bisa dilakukan dan di sampaikan karena situasi dan kondisi yang tidak bisa disimulasikan,” tutur Raka.

Hal senada disampaikan oleh Dwi Satiyo Aji PJs, Manager Unit PT PLN Nusantara Power Service. Dia berterima kasih kepada PT PLN (Persero), yang percaya untuk melanjutkan (OM) PLTMG Maumere.

"Dan terima kasih juga kepada PT MAN Energy Solutions yang telah melaksanakan operasi dan pemeliharaan PLTMG Maumere dengan sangat baik, sehingga bisa beroperasi secara optimal mensuplay energi listrik di pulau Flores. Kami juga mengharapkan agar komunikasi tidak terputus pada saat handover ini saja, tapi akan berlanjut terus,” Ujar Dwi.

PLTMG Maumere merupakan salah satu pembangkit listrik terbesar di Pulau Flores saat ini dengan Kapasitas daya terpasang 40 MegaWatt yang diinterkoneksikan dan disinkronkan melalui jaringan Transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 70 kV dengan beberapa pembangkit listrik lainya. (thi/dek)

  • Bagikan