Catar Poltekip dan Poltekim

  • Bagikan
IST PESERTA. Para peserta seleksi sementara mengikuti tes Catar Poltekip dan Poltekim di UPT BKN Kupang, Kamis (25/7).

Seleksi Hari Pertama Berjalan Lancar

KUPANG,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Sistem Computer Assisted Test (CAT) bagi Calon Taruna dan Taruni (Catar) Sekolah Kedinasan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim) berjalan lancar. Seleksi hari pertama dimulai pada Kamis (25/7) bertempat di UPT BKN Kupang.

Proses seleksi pun berlangsung tertib. Sebelum ujian berlangsung, Kepala Divisi Administrasi, Rakhmat Renaldy didampingi Kepala Bagian Umum, Erni Mamo Li telah melakukan penyegelan ruang ujian pada malam harinya.

Langkah ini diambil untuk memastikan keamanan dan integritas proses ujian. Penyegelan dilakukan dengan cermat dan disaksikan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kupang, Jefry Christianto dan beberapa petugas terkait guna memastikan bahwa tidak ada akses ke ruang ujian hingga waktu yang telah ditentukan.

Rakhmat mengatakan bahwa langkah ini merupakan bagian dari upaya untuk menjaga keadilan dan transparansi dalam pelaksanaan ujian.

"Kami ingin memastikan bahwa setiap peserta memiliki kesempatan yang sama dan ujian berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan," ungkapnya.

Penyelenggaraan seleksi yang digelar Kemenkumham NTT dibawa kepemimpinan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi manusia (Kanwil Kemenkumham) NTT Marciana Dominika Jone ini berdasarkan pada Pengumuman Nomor SEK- KP.02.01-251 Tentang Jadwal pelaksanaan SKD pada Seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni sekolah kedinasan Poltekim dan (Poltekip) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Tahun Anggaran 2024.

Pelaksanaan SKD Catar hari pertama hanya dilaksanakan dalam satu sesi saja yang dimulai sejak pukul 15.30-17.10 Wita. Keseluruhan peserta yang berjumlah 11 orang dan terdapat dua peserta tidak hadir. Dalam ruangan yang sama, peserta Poltekip dan Poltekim mengikuti ujian bersama dengan peserta dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS).

Sebelum peserta memulai ujian, Kepala Divisi Administrasi, Rakhmat Renaldy, memberikan pengarahan serta motivasi kepada para peserta. Dalam arahannya, Rakhmat menyampaikan kepada peserta pentingnya memiliki rasa percaya diri saat mengerjakan soal-soal.

“Bekerjalah dengan kepercayaan diri masing-masing, manfaatkan waktu yang ada dengan efektif. Tetap tenang, jangan tergesa-gesa dan kerjakan soal yang lebih mudah,” pesannya.

Fokuslah pada kemampuan masing-masing, karena hasil tes ini tidak dipengaruhi oleh siapapun selain diri kalian sendiri.

"Jangan percaya pada siapapun yang menjanjikan kelulusan,” tegasnya.

Sesuai dengan jadwal penyelenggaraan seleksi SKD akan digelar selama 3 hari yakni terhitung mulai dari tanggal 25 Juli 2024 sampai dengan 27 Juli 2024 dengan jumlah peserta sebanyak 401 peserta. Hal ini menunjukkan antusiasme dan minat yang tinggi dari para calon taruna/taruni dalam mengikuti seleksi ini.

Sebelum memasuki ruang ujian peserta melakukan registrasi, pengambilan pin dan menitipkan barang bawaan. Barang yang boleh dibawa masuk ke dalam ruang CAT hanya KTP, kartu ujian dan alat tulis berupa pensil serta tidak diperkenankan membawa barang lain selama melaksanakan ujian untuk meminimalisir terjadinya kecurangan.

Seluruh rangkaian kegiatan seleksi diawasi oleh panitia yang terdiri dari perwakilan panitia daerah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT dan perwakilan panitia dari Biro Sumber Daya Manusia Kemenkumham RI, Rizki Insani dan Muhammad Naswir. (r1/gat/dek)

  • Bagikan