Webometrics 2024: Undana Kampus Terbaik NTT, Peringkat 133 di Indonesia

  • Bagikan
JAWARA. Dua mahasiswi Undana, Gledys Jeristy Hae (FH) dan Apriani Dangga (FISIP) menjadi jawara Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia yang berlangsung di Surabaya, 15 - 22 Juli 2024. (FOTO: ISTIMEWA)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang kembali menorehkan prestasi gemilang di tingkat nasional. Berdasarkan penilaian pemeringkatan terbaru perguruan tinggi versi Webometrics 2024, kampus yang terletak di Jl. Adisucipto Penfui ini berhasil menduduki peringkat 133 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Pencapaian ini sekaligus menempatkan Undana sebagai universitas terbaik di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Rektor Undana, Prof. Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc yang dikonfirmasi dari Bali, Rabu (24/7/2024) petang, menjelaskan, peringkat Webometrics sering disalahpersepsikan terutama oleh masyarakat awam. “Webometrics adalah indeks yang menilai kualitas dan visibilitas web perguruan tinggi. Penilaian ini dilakukan oleh tim penilai Web dari Spanyol secara periodik, umumnya setiap enam bulan,” ujar Prof. Sanam.

Di awal tahun, lanjutnya, peringkat Undana sempat turun akibat gangguan dan inefisiensi pada manajemen website, yang membuat Undana berada di peringkat ketiga di NTT. “Bersyukur bahwa dengan dorongan dan perbaikan publikasi web Undana dalam lima bulan terakhir, kami kembali menempati peringkat pertama di NTT. Peringkat nasional Undana juga mengalami perbaikan dari sebelumnya,” tambahnya.

BACA JUGA: Undana Siap Input LKPT dan LED AIPT

Prof. Sanam mengakui bahwa penilaian Webometrics hanya berfokus pada kualitas dan visibilitas website, tidak mencakup penilaian mutu akademik seperti kurikulum, prestasi mahasiswa dan dosen, kualitas SDM dosen (jumlah doktor dan profesor), serta mutu penelitian dan publikasi ilmiah dosen.

“Namun, sebagai Rektor, saya senang dengan peningkatan peringkat Webometrics Undana ini. Ini mengindikasikan adanya peningkatan pencitraan publik melalui website Undana, karena banyak yang mengakses publikasi konten-konten maupun opini serta artikel di website Undana,” jelasnya.

BACA JUGA: Mahasiswa Undana Raih Juara KDMI 2024

Data menunjukkan bahwa jumlah perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri maupun swasta, per tahun 2023 adalah 4.523. “Sehingga ranking Webometrics Undana yang berada pada angka 133 tentunya cukup menggembirakan bagi kami. Perbaikan desain dan intensitas publikasi website akan terus diupayakan peningkatannya sehingga ranking Webometrics Undana ke depan akan semakin baik lagi,” kata Prof. Sanam.

Dengan prestasi ini, Undana terus menunjukkan komitmennya untuk meningkatkan kualitas dan visibilitas di tingkat nasional, membawa nama baik Nusa Tenggara Timur di kancah pendidikan Indonesia. (*/aln)

  • Bagikan