40 Atlet Berkebutuhan Khusus Mulai Bersaing di PEPARPEDA NTT 2024

  • Bagikan
IST BERSAMA. Tampak para peserta lomba pose bersama usai acara pembukaan PEPARPEDA Tahun 2024, di Hotel Pelangi, Kamis (25/7).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Puluhan peserta dari tiga kemampuan akan bersaing di dua cabang olahraga dalam Pekan Paralympic Pelajar Daerah (PEPARPEDA) II Tahun 2024.

Peparpeda tersebut akan berlangsung selama hari, Jumat-Sabtu (26-27/7/2024) yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi NTT, Karel Muskanan, di Hotel Pelangi, Kamis (25/7).

Karel Muskanan, menjelaskan bahwa pada event Asena Paragames di Kamboja Tahun 2023, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang diwakili atlet-atlet NPC, diangkat martabat melalui dua atlet yang berhasil menyumbangkan 2 medali emas, 3 medali perak Kontingen Indonesia.

" Ini menjadi sejarah, mengangkat harkat martabat NTT," jelasnya .

Menurut Karel, keberhasilan yang diraih ini menjadi motivasi bagi pengurus, pelatih, wasit, juri dan motivasi bagi para atlet berkebutuhan khusus serta terlebih khusus lagi para atlet-atlet yang normal.

" Semangat juang dan pantang menyerah akan terus kita gelorakan," ungkapnya.

Sementara Ketua NPC NTT, Viktor Haning, menyampaikan terima kasih kepada Dispora NTT sudah mengakomodir aspirasi olahraga Disabilitas lewat PEPARPEDA.

" Ini cikal bakal atlet disabilitas yang akan dikembangkan dikemudian hari yang menggantikan legenda-legenda atlet NTT yang sudah berkiprah di dunia internasional," ungkapnya.

Dalam PEPARPEDA kali ini kata Viktor, ada dua cabor yang di pertandingkan atletik dan Catur Tuna Netra dengan 10 nomor lomba. Jumlah peserta yang mengikuti dua cabor yang ditargetkan Dispora NTT adalah 40 peserta.

" Peserta selain dari Kota Kupang, ada juga dari Kabupaten Kupang dan Kabupaten TTS," pungkasnya. (r1/rum/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version