Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan

  • Bagikan
IST PELAYANAN. Sejumlah masyarakat saat hadir dalam kegiatan pelayanan yang diberikan Kanwil Kemenkumham NTT di Lippo Plaza Kupang, Kamis (25/7).

Ditbinmas Polda NTT Gelar Operasi Bina Karuna Turangga 2024

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Guna mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), maka Direktorat Binmas (Ditbinmas) Polda NTT menggelar Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Bina Karuna Turangga 2024.

Kegiatan bertempat di Kelurahan Fatululi, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Jumat (26/7). Operasi ini melibatkan sebanyak 33 orang personel dari berbagai unit, termasuk Ditbinmas Polda NTT, Biroops, Itwasda dan Ditintelkam.

Operasi ini dipimpin Kasatgas Binluh Satgas Binluh, AKP Danial Agripa Tefnay.

"Operasi ini berlangsung mulai tanggal 26 Juli hingga 8 Agustus mendatang. Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap regulasi pengelolaan lahan dan pencegahan kebakaran hutan," kata Kasatgas Binluh Satgas Binluh, AKP Danial Agripa Tefnay.

Kegiatan penyuluhan ini fokus pada pemberian pemahaman kepada warga yang memiliki lahan kosong tentang bahaya membakar lahan secara tidak terkontrol. Warga juga diminta untuk memperhatikan tata cara yang aman dalam pengelolaan lahan mereka guna mencegah terjadinya kebakaran lahan yang dapat merambat menjadi kebakaran hutan.

AKP Agripa mengatakan bahwa pentingnya peran aktif masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah bencana kebakaran hutan.

"Kami berharap agar ada kesadaran akan konservasi alam semakin meningkat di kalangan masyarakat," kata AKP Agripa.

Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Bina Karuna Turangga 2024 juga diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam menjaga kelestarian lingkungan di NTT serta menurunkan risiko terjadinya kebakaran hutan yang seringkali merugikan banyak pihak. (r1/gat/dek)

  • Bagikan