Perkuat Sinergitas, Imigrasi Kupang Dukung Penuh Program RAPALA Bakamla RI di Kota Kupang

  • Bagikan
IST

KUPANG,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Imigrasi Kupang dukung penuh program pembentukan Relawan Penjaga Laut Nusantara (RAPALA) Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia di Kota Kupang. Hal ini diungkapkan Nanang Mustofa, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang saat menghadiri acara pembentukan RAPALA di Kota Kupang, Rabu (31/7). Dukungan ini sebagai bentuk sinergitas yang kuat antara Imigrasi Kupang dengan Bakamla RI.

"RAPALA ini dibentuk sebagai perpanjangan mata dan telinga untuk membantu pengumpulan informasi terkait pengamanan dan keselamatan serta pelindungan sepanjang pesisir dan lingkungan laut kita", ujar Nanang saat di konfirmasi tim Humas.

"NTT ini merupakan pintu gerbang negara bagian selatan untuk orang masuk ataupun keluar wilayah RI karena berbatasan langsung dengan dua negara tetangga yakni Australia dan Timor Leste. Karena itu penting bagi kami (Imigrasi-red) untuk menjalin sinergi yang kuat dengan berbagai stakeholder terkait seperti Bakamla RI. Informasi-informasi dari Bakamla RI melalui program RAPALA tentu sangat membantu dalam pelaksanaan fungsi pengawasan keimigrasian", jelasnya lagi.

Lebih lanjut, Nanang juga menjelaskan bahwa program RAPALA oleh Bakamla RI merupakan program yang sangat bagus. Program ini adalah program preventif yang harus didukung untuk mencegah terjadinya perlintasan ilegal dalam kaitannya dengan Tindak Pidana Perdagangan Manusia (TPPM). Hal ini dikatakannya mengingat saat ini kerap kali terjadi perlintasan ilegal melalui jalur laut Kota Kupang dalam kaitannya dengan penyelundupan manusia menuju wilayah perairan laut Australia.

"Kami (Imigrasi Kupang-Red) sangat mendukung program ini", ujar Nanang menegaskan.

"Mudah-mudahan dengan program RAPALA ini, sinergitas antara Imigrasi Kupang dan Bakamla RI khususnya Bakamla Stasiun Kupang makin diperkuat untuk mencegah terjadi perlintasan ilegal dalam kaitannya dengan TPPM di wilayah kerja", lanjutnya penuh harapan.

Kegiatan pembentukan RAPALA di Kota Kupang sendiri dilaksanakan bertempat di Hotel Sotis Kupang. Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Kerja Sama Bakamla RI, Laksma Bakamla Eka Satari. Hadir juga Pelaksana Tugas Wali Kota Kupang dan Kepala Kantor Kamla Zona Timur serta beberapa stakeholder terkait.(*/em)

  • Bagikan

Exit mobile version