RS Pratama Amfoang Siap Dibangun

  • Bagikan
MARTJE BANOET FOR TIMEX PELETAKAN BATU PERTAMA. Pj Bupati Kupang, Alexon Lumba, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena dan Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Daniel Taimenas melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit pratama Amfoang di Desa Fatunaus Kecamatan Amfoang Utara, Senin (29/7).

Ditandai Dengan Peletakan Batu Pertama

OELAMASI, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Rumah sakit pratama Amfoang yang terletak di Desa Fatunaus Kecamatan Amfoang Utara, siap dibangun dan memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Menandai pembangunan tersebut dilakukan peletakan batu pertama oleh Pj Bupati Kupang, Alexon Lumba, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena dan Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Daniel Taimenas, Senin (29/7).

Dalam sambutannya Pj Bupati Kupang, Alexon Lumba berharap pembangunan RS Pratama Amfoang dapat memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat di Kabupaten Kupang khususnya masyarakat di wilayah Amfoang. Dengan kehadiran RS Pratama, masyarakat di wilayah Amfoang dapat memperoleh pelayanan kesehatan dengan lebih mudah dan cepat tanpa harus dirujuk sampai ke RS Naibonat dan RS lainnya di Kota Kupang.

"Besar harapan kami, rumah sakit ini akan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Amfoang, bahkan dapat menangani dengan cepat rujukan dari pustu dan puskesmas guna dilakukan penanganan secara serius,” katanya.

Dirinya berterima kasih kepada semua pihak mulai dari pemerintah pusat,  legislatif pusat hingga semua jajaran pemda yang berjuang mengupayakan terwujudnya pembangunan RS itu.

Pemda sendiri jelasnya terus berjuang dan berupaya memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat dan menunjukkan konsistensi pemerintah memperhatikan masyarakat.

Tentu pemda tidak bisa jalan sendiri dan bukti konkret keseriusan DPR RI dalam hal ini Melki Laka Lena di Komisi IX terbukti dengan terwujudnya pembangunan RS Pratama.

“Besar harapan kami, dukungan dan perhatian pemerintah pusat dapat diberikan pada bidang-bidang lainnya yang masih sangat terbatas seperti jalan, jembatan dan fasilitas lainnya yang masih kami perlukan,” ujarnya.

Setelah pembangunan RS Pratama Amfoang, Alexon berharap dukungan Komisi IX maupun komisi lainnya di DPR RI untuk pemenuhan sarana prasarana pelengkap rumah sakit hingga tenaga kesehatan, baik dokter spesialis, dokter umum, bidan, perawat dan lainnya.

Dikatakan, analisis jabatan dan kebutuhan sudah dilakukan dan diusulkan, namun jumlahnya masih kurang dan memerlukan dukungan lagi.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI. Kerja keras bisa terus berlanjut di program kegiatan lainnya," ungkapnya.

Sementara, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena dalam sambutannya berharap RS Pratama Amfoang dapat bermanfaat bagi derajat hidup dan kesehatan masyarakat Amfoang.

“Kami berkomitmen memberikan perhatian mulai dari daerah pelosok yang sulit hingga bisa berdampak nyata bagi masyarakat,” ungkapnya.

Dikatakan, dengan kehadiran RS Pratama diharapkan bisa memberikan multi efek, pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Amfoang pada umumnya. Lewat kehadiran RS Pratama akan muncul pusat ekonomi baru, di mana orang-orang akan berdatangan, bukan hanya berobat saja, tetapi perlu tempat makan, istirahat dan lainnya dan menghidupkan kawasan tersebut dan Amfoang secara keseluruhan.

Dikatakan, pembangunan RS Pratama di Amfoang dan wilayah lainnya di NTT dan Indonesia sebagai bentuk upaya perubahan dan transformasi kesehatan yang dicanangkan oleh pemerintah pusat. Pembangunan rumah sakit diwilayah-wilayah sulit dan jauh dari jangkauan dan memperbaiki pusat-pusat kesehatan dan pustu dalam rangka memperlebar jangkau pelayanan kesehatan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut diberikan vaksin polio dan penyerahan bantuan bencana oleh Pj Bupati Kupang, Alexon Lumba, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena dan Pj Ketua TP PKK, Sorta Lumba-Turnip bagi masyarakat Kecamatan Amfoang Utara. (ays/dek)

  • Bagikan