BERTARUH KEPADA PEMAIN RAPUH

  • Bagikan
NET LANGSUNG CEDERA. Leny Yoro yang direkrut dari Lille OSC, bakal absen selama 12 pekan usai mengalami cedera retak tulang metatarsal kaki kiri, dalam laga ujicoba menghadapi Arsenal di SoFi Stadium, Inglewood (28/7).

DIEGO,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID – Pramusim Manchester United tidak pernah berubah. Selalu saja memakan korban pemain yang cedera dan harus absen di awal musim. Seperti pramusim kali ini. Dalam dua laga pramusim di AS, empat pemain tumbang karena cedera.

Mereka adalah bek tengah Leny Yoro, striker Rasmus Hojlund, wide attacker Marcus Rashford, dan winger/wide attacker Antony. Dua nama pertama cedera saat kalah 1-2 tapi menang adu penalti 4-3 atas Arsenal di SoFi Stadium, Inglewood (28/7). Sementara dua nama terakhir cedera saat menang 3-2 atas Real Betis di Snapdragon Stadium, San Diego, kemarin (1/8).

Hojlund hanya 15 menit bermain sebelum ditarik keluar karena cedera hamstring.

Antony pun hanya tampil 24 menit meski statusnya sebagai pemain pengganti (dari Amad Diallo). Yang paling ironis tentu Yoro karena menurut The Athletic, rekrutan baru asal Lille OSC itu bakal absen selama 12 pekan.

United pun dianggap merogoh kocek mahal-mahal, EUR 62 juta (Rp 1,08 triliun), hanya untuk pemain rapuh. Itu setelah muncul berita dari L’Equipe bahwa Paris Saint-Germain sejatinya lebih dulu membidik Yoro. Tetapi, juara Ligue 1 itu kemudian meninggalkan bek berusia 18 tahun tersebut karena memahami potensi cederanya.

’’Aku belum bisa membicarakannya (tentang cedera empat pemain, Red). Besok (hari ini, Red) aku akan mengabarkannya kepada kalian,’’ kata tactician United Erik ten Hag dilansir dari Manchester Evening News.

Ten Hag sepertinya memendam kekecewaan karena masalah cedera pemain telah menghancurkan United musim lalu. Yaitu ketika The Red Devils –julukan United– mencatatkan 45 kasus cedera pemain yang berbeda selama semusim. Paling tinggi di antara 20 kontestan Premier League musim lalu atau dua kasus lebih banyak daripada Chelsea.

Scouting pemain, seperti analisis The Athletic, merupakan kelemahan United sehingga angka pemain cedera klub begitu tinggi. Saat merekrut Hojlund dari Atalanta BC musim lalu, United ”memaksakan diri” untuk membeli pemain yang sedang mengalami cedera tulang belakang.

Harganya pun sangat mahal, yakni EUR 75 juta (Rp 1,3 triliun). Termasuk cedera pramusim, Hojlund tercatat sudah tiga kali cedera selama bermain dengan United. Musim lalu dia juga mengalami cedera hamstring, lalu bermasalah dengan otot. Cedera tulang belakang bawaan dari Atalanta BC pun diragukan sudah dituntaskan oleh striker timnas Denmark tersebut.

Kasus Hojlund sama dengan Antony ketika datang ke United pada musim panas 2022. Antony baru pulih dari cedera engkel. Cedera yang membuat pemain Brasil itu absen membela AFC Ajax selama 114 hari. United pun membayar sangat mahal untuk merekrut Antony. Yaitu EUR 95 juta (Rp 1,6 triliun).

Sementara itu, terkait cedera Yoro, United diklaim tidak khawatir soal potensi cedera jangka panjang. Sebab, di Lille OSC, Yoro tidak pernah mengalami cedera berat.

’’United hanya sedang sial,” kata pandit sekaligus mantan kapten United Roy Keane.(ren/c19/dns/jpg/rum/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version