Pastikan Pilkada 2024 Berjalan Lancar

  • Bagikan
INTHO HERISON TIHU/TIMEX RAKOR. Wakapolda NTT, Brigjen Pol. Awi Setiyono memimpin rakor persiapan jelang Pilkada bersama instansi terkait di Mapolda NTT, Kamis (1/8).

Gandeng Stakeholder Terkait, Polda NTT Gelar Rakor

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Dalam rangka menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Polda NTT) telah mengambil langkah proaktif dengan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral.

Rakor lintas sektoral ini dihadiri sejumlah pihak penting, termasuk Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), serta perwakilan dari berbagai instansi terkait lainnya. Kegiatan ini resmi dibuka oleh Wakapolda NTT, Brigjen Pol. Awi Setiyono, S.I.K., M.Hum di Mapolda NTT, Kamis (1/8).

Dalam sambutannya, Brigjen Pol. Awi Setiyono menekankan pentingnya sinergi antarlembaga untuk menyukseskan Pilkada tahun 2024 ini.

"Kami berterima kasih atas kehadiran semua peserta. Rakor ini adalah forum strategis bagi kita untuk berbagi pandangan dan menyusun langkah konkret guna memastikan Pilkada 2024 di NTT berjalan aman damai dan lancar," ujarnya.

Pilkada serentak 2024 yang akan dilaksanakan di 37 provinsi, termasuk NTT, menjadi perhatian nasional. Persiapan yang matang dan koordinasi yang solid adalah kunci keberhasilan penyelenggaraannya.

"Rakor lintas sektoral ini lebih dari sekadar formalitas, ini adalah kesempatan untuk memperkuat kolaborasi dan berbagi informasi penting demi mencapai tujuan bersama," jelas Setiyono.

Dalam Rakor tersebut, Wakapolda NTT juga menyoroti sejumlah tantangan yang diprediksi akan dihadapi dalam Pilkada 2024. Potensi konflik dan gangguan keamanan membutuhkan pendekatan yang komprehensif dan keterlibatan berbagai pihak.

"Tantangan yang kita hadapi tidak sederhana. Kita memerlukan kerja sama erat antarinstansi untuk mengatasi segala kemungkinan yang dapat mengganggu jalannya Pilkada," tambahnya.

Brigjen Pol. Awi Setiyono menegaskan bahwa rapat ini adalah langkah awal yang krusial dalam persiapan panjang menuju Pilkada serentak.

"Melalui forum ini, kita dapat mengidentifikasi masalah utama, berbagi pengalaman terbaik dan merumuskan solusi yang efektif serta dapat diimplementasikan bersama," tegasnya.

Harapannya, Pilkada serentak 2024 di NTT tidak hanya menjadi perwujudan demokrasi yang sehat, tetapi juga berlangsung dalam suasana yang aman dan tertib. Dengan soliditas dan sinergi dari berbagai elemen yang terlibat, optimisme bahwa Pilkada 2024 akan berjalan sukses semakin menguat.

“Rakor lintas sektoral ini menegaskan komitmen Polda NTT dalam menjaga keamanan dan stabilitas selama proses Pilkada berlangsung, serta memastikan masyarakat NTT dapat menyalurkan hak pilihnya dengan tenang dan tanpa hambatan,” pungkasnya. (cr6/gat/dek)

  • Bagikan