Masyarakat Manfaatkan Ragam Layanan Kemenkumham

  • Bagikan
IST PELAYANAN. Jajaran Kanwil Kemenkumham NTT saat memberikan pelayanan kepada masyarakat di halaman Kanwil Kemenkumham NTT, Jumat (2/8).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Berbagai layanan yang disediakan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) NTT kini dihadirkan untuk masyarakat. Ragam pelayanan ini dibuka di halaman Kanwil Kemenkumham NTT, Jumat (2/8).

Semua layanan itu seperti layanan konsultasi dan pendaftaran kekayaan intelektual yaitu merek, cipta, paten, desain industri, dan Indikasi Geografis. Selain itu, layanan konsultasi dan pendaftaran administrasi hukum umum (Apostille dan Perseroan Perorangan).

Kemudian layanan konsultasi hukum, serta layanan pembuatan Paspor (Eazy Passport) bekerjasama dengan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang.

Kanwil Kemenkumham NTT juga bekerja sama dengan Disparekraf NTT untuk memfasilitasi biaya pendaftaran kekayaan intelektual. Tak hanya berbagai layanan tersebut, ada juga pameran hasil karya WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan).

Seperti bidang pertanian meliputi hasil panen sayur mayur yang dihasilkan WBP Rutan Kelas IIB Kupang. Sayur mayur itu dibeli oleh ASN Kemenkumham dan masyarakat.

Hasil karya WBP lainnya yaitu produk meubeler dari Lapas Kelas IIA Kupang, kerajinan tenun dari Lapas Perempuan Kelas IIB Kupang dan kerajinan tangan dari LPKA Klas I Kupang.

Kegiatan itu juga melibatkan para pelaku UMKM yaitu UMKM D’Hokiest dengan produk cokelat, sari kacang hijau, dan aneka keripik.

Selain itu, UMKM Lodya’s dengan produk susu kelor dan aneka kue. UMKM Moly dengan produk salad sayur, salad buah, dan salad roll serta UMKM Desy dengan produk minuman segar dan kue.

Aneka kegiatan itu dalam rangka hari menyambut Hari Pengayoman ke-79 ,yang jatuh pada tanggal 19 Agustus.

Kepala Divisi Administrasi, Rakhmat Renaldy, berharap berbagai layanan Kemenkumham NTT ini dapat memberikan manfaat untuk masyarakat.

Salah satunya layanan Eazy Passport dari Imigrasi Kupang yang prosesnya lebih mudah dan sederhana dengan mempersiapkan pembayaran PNBP sesuai ketentuan yang berlaku.

Charles Y. Bora, salah satu masyarakat yang hadir pada kesempatan itu mengaku bahwa pelayanan penggantian paspor biasa sangat baik.

“Pelayanan cukup bagus dan lancar," ujarnya.

Menurut Charles, Petugas juga cukup baik dan bersahabat dalam memberikan pelayanan.

"Kegiatan ini juga menjadi kesempatan bagi kami untuk lebih dekat dan mengenal lagi Kanwil Kemenkumham NTT,” ungkapnya.

Sementara Kabid Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Disparekraf NTT, Johny Rohi, juga memberikan apresiasi kepada Kanwil Kemenkumham NTT atas pelayanan dalam pengurusan paspor yang terbilang cepat karena hanya beberapa menit sudah selesai.

“Salut untuk kerja keras, kerja cepat, dan tuntas. Ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” harapnya.

Apriani Magdalena Haliati, selaku masyarakat yang hadir mengapresiasi pelayanan pencetakan sertifikat Apostille terhadap dokumen Akta Perkawinan setelah menikah dengan Warga Negara Prancis.

“Pengerjaan cepat sekali, pelayanannya juga bagus sekali dan tidak membuat gugup. Terima kasih Kemenkumham NTT,” pungkasnya. (r1/gat/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version