Real – Barca Merasa Sial

  • Bagikan
NET BELUM KOMPLIT. Rodrygo dalam sesi latihan bersama Real madrid di Charlotte.

MUSIM baru (2024–2025) di lima liga elite Eropa dimulai bulan ini. Empat di antaranya kickoff pada pekan yang sama, yakni LALIGA, Ligue 1, Premier League, dan Serie A.

Pekan kedua Agustus bakal terjadi kesibukan luar biasa bagi klub-klub di LALIGA, Ligue 1, Premier League, dan Serie A. Untuk kali pertama di era sepak bola modern, empat dari lima liga elite di Eropa itu menjalani kickoff musim baru secara bersamaan. Biasanya paling banyak hanya tiga liga yang berbarengan kickoff-nya.

LALIGA mengawalinya dengan Athletic Bilbao versus Getafe CF yang bergulir di Estadio San Mames pada 16 Agustus dini hari WIB. Laga itu berjarak sehari dengan start di Ligue 1 dan Premier League alias 17 Agustus dini hari WIB. Sementara Serie A bergulir pada 17 Agustus malam hari WIB.

Empat liga tersebut seolah sepakat meninggalkan Bundesliga yang baru memutar lagi musim kompetisi pada 24 Agustus mendatang. Padahal, Bundesliga kerap menjadi yang paling awal bergulir di antara lima liga elite Eropa.

Start liga lebih awal, pada musim sebelumnya (2023–2024), memang menguntungkan bagi pemain karena pada musim panas tahun ini bergulir sederet ajang bergengsi seperti Euro, Copa America, sampai Olimpiade. Tapi, sebaliknya, start liga lebih awal pada musim ini berarti durasi libur pemain yang tampil dalam tiga ajang itu tereduksi.

Klub-klub top yang menyumbangkan banyak pemain untuk Euro, Copa America, maupun Olimpiade merasa start liga lebih awal tidak menguntungkan. FC Barcelona, misalnya. Barca mengawali pramusim dengan hanya memiliki 13 pemain di tim utama. Selain tugas negara, beberapa penggawa La Blaugrana mengalami cedera.

"Kami merasa sial dengan situasi (yang dialami skuad, Red) saat pramusim. Tetapi, kami menjadikannya sebagai motivasi untuk bekerja lebih keras," kata Hansi Flick, entrenador baru Barca, di laman resmi klub.

Hal yang sama dialami Real Madrid. Sampai laga pramusim melawan Chelsea di Bank of America Stadium, Charlotte, besok (7/8) pagi WIB, El Real belum diperkuat pemain kunci seperti Dani Carvajal dan Jude Bellingham. Juga striker baru Kylian Mbappe.

Entrenador Real Carlo Ancelotti sudah memprediksi bahwa timnya baru full team saat melakoni Piala Super Eropa kontra Atalanta BC di Stadion Narodowy, Warsawa, pada 15 Agustus WIB.
Real baru menjalani laga pertama LALIGA pada 19 Agustus WIB di kandang RCD Mallorca, Estadi Mallorca Son Moix.

Jadwalnya sangat mepet. Tapi, kami punya kualitas skuad yang dapat bersaing dalam segala hal. Itu memang tuntutan jadi klub seperti Real, tutur Ancelotti kepada Marca.

Carletto, sapaan karib Ancelotti, berharap pemain yang terlambat bergabung dalam pramusim bisa cepat beradaptasi. Terutama Mbappe yang praktis hanya punya dua pekan latihan bersama rekan barunya.

"Aku bisa meyakinkan kalian bahwa pemainku akan kompetitif," tandas pelatih yang musim lalu mempersembahkan treble winners (LALIGA, Supercopa de Espana, dan Liga Champions) itu. (ren/c9/dns/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version