PB PON Siapkan Aplikasi Transponsumut

  • Bagikan
Agustinus Panjaitan

Permudah Layanan Transportasi Selama Even

MEDAN, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID -Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut, wilayah Sumut, menyiapkan aplikasi transportasi bernama Transponsumut, untuk memberikan kemudahan pelayanan transportasi selama event olahraga tersebut berlangsung.

Hal itu disampaikan Ketua Bidang Transportasi PB PON 2024 Wilayah Sumut, Agustinus Panjaitan, Minggu (11/8). Dia juga menjelaskan, nantinya aplikasi tersebut akan memudahkan penjemputan atlet, penerimaan tamu, bantuan pengawalan, dan pengantaran tamu dari hotel ke venue. Hal itu dilakukan simulasi bersama stakeholder terkait.

"Simulasi ini bertujuan untuk memastikan kesiapan operasional kendaraan dan aplikasi," ungkap Agustinus.

Agustinus yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Sumut itu, mengatakan, pihaknya juga telah mematangkan persiapan transportasi menjelang perhelatan akbar tersebut. Mereka mempersiapkan sebanyak 1.206 unit kendaraan untuk menunjang mobilitas atlet, ofisial, dan tamu undangan, selama PON berlangsung.

"Kami telah melakukan berbagai simulasi untuk memastikan kelancaran operasional kendaraan selama PON," jelasnya.

Dia juga menuturkan, persiapan tersebut meliputi pengadaan kendaraan, manajemen operasional, simulasi, dan pengadaan prasarana lainnya.

"Kendaraan yang disiapkan terdiri dari berbagai jenis, mulai dari T1 hingga T5, termasuk kendaraan khusus untuk mengangkut kuda. Pengadaan armada ini, didukung oleh Dana APBD dan Kementerian Perhubungan," beber Agustinus.

Agustinus juga mengatakan, manajemen operasional kendaraan akan dikendalikan oleh Sistem Manajemen Fleet yang menggunakan aplikasi khusus, untuk mengatur penggunaan kendaraan, baik yang terjadwal maupun tidak terjadwal.

"Dengan adanya aplikasi ini, kami dapat memantau penggunaan kendaraan secara real-time, dan menjadwal yang lebih efektif," tuturnya.

Untuk mendukung manajemen dan rekayasa lalu lintas, telah diajukan pengadaan rambu-rambu yang akan dipasang di 10 kabupaten kota lokasi sebaran venue pertandingan, yakni Medan, Binjai, Deliserdang, Langkat, Pematangsiantar, Tebingtinggi, Simalungun, Toba, Karo, dan Samosir.

Koordinasi dengan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) di 10 kabupaten kota tersebut, juga telah dilakukan untuk memastikan keseragaman dalam penanganan manajemen rekayasa lalu lintas.
Hal itu mendapat dukungan dari Wakapolda Sumut Brigjen Rony Samtana, dan Dirlantas Polda Sumut Kombes Muji Ediyanto.

"Bidang transportasi siap mendukung kelancaran transportasi selama PON XXI 2024 Aceh-Sumut. Hingga saat ini tidak ada kendala berarti dalam persiapan bidang transportasi," pungkas Agustinus. (san/saz/jpg/rum/dek)

  • Bagikan