Taman Parapuar Mulai Berdandan

  • Bagikan
PETRUS BATAONA/TIMEX PELETAKAN BATU PERTAMA. Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno saat acara peletakan batu pertama, Kamis (8/8).

Sandiaga Uno: Libatkan Warga Lokal

LABUAN BAJO, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Kawasan wisata taman Parapuar yang selama ini dikelola Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Labuan Bajo (BPOPLBF) mulai diminati investor untuk berinvestasi dikawasan itu. Buktinya, PT Eigerindo MPI selaku distributor tunggal dari brand EIGER Adventure di Indonesia menggelar acara peletakan batu pertama pembangunan EIGER Hill Flagship Store Parapuar di Labuan Bajo, Kamis (8/8) berlokasi di taman Parapuar.

Hadir pada kesempatan itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno didampingi istri, Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi serta forkompimda Mabar dan stakeholder.

Sandiaga Uno mengingatkan pihak PT Eigerindo MPI untuk tetap melibatkan masyarakat lokal dalam setiap proses pembangunan hingga pengelolaan kawasan itu. Sebab menurut dia, warga lokal adalah ujung tombak dalam setiap pembangunan bangsa menuju Indonesia Emas 2045 mendatang.

"Titipan saya agar dalam setiap proses pembangunan sampai pengelolaan kawasan ini, warga lokal tidak diabaikan karena mereka ujung tombak pembangunan bangsa," katanya.

Dikatakan, dirinya bersama kementerian akan selalu mendukung penuh setiap aksi yang dilakukan perusahaan Eiger di dalam kawasan taman hutan Parapuar. Tidak hanya itu, dia juga menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Mabar dan masyarakat yang terus memberikan dukungan untuk menata dan membangun kawasan Parapuar sebagai destinasi wisata alam yang menakjubkan.

Semantara, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama BPOP Labuan Bajo, Frans Teguh mengaku sejak kawasan Parapuar mulai menjadi tanggung jawab BPOP tahun 2018 dalam pengelolaan butuh waktu panjang untuk mendapatkan investor yang benar-benar dan serius mau berinvestasi di dalam kawasan tersebut.

“Dan hari ini Eiger menunjukkan komitmen itu yang ditandai dengan acara dimulainya pembangunan,” ujarnya.

Groundbreaking EIGER Hill Flagship Store Parapuar dan EIGER Coffee juga merupakan bentuk komitmen BPOLBF untuk mempercepat proses pembangunan di kawasan ini, khususnya di zona 1 yang menjadi lokasi tahap awal pengembangan kawasan.

“Pembangunan ini juga kita dorong untuk dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, dengan tetap berpedoman pada nilai berkelanjutan. Ada komitmen bersama untuk meningkatkan penyerapan tenaga kerja lokal dan optimalisasi produk lokal, menggerakkan ekonomi di Labuan Bajo dan seluruh Flores,” tandasnya.

Direktur EIGER Adventure, Imanuel N Wijaya mengatakan bersedia mengakomodir masyarakat lokal dalam proses pembangunan kawasan tersebut. Hal ini penting termasuk pengembangan sumber daya yang trampil dan mumpuni untuk siap bekerja.

“Di titik ini nantinya akan berdiri EIGER Hill Flagship Store Parapuar akan menjadi yang pertama di Labuan Bajo dengan berbagai koleksi perlengkapan luar ruang untuk menjelajahi keindahan alam dan pariwisata terintegrasi di destinasi superprioritas Parapuar, Labuan Bajo. Di sini juga nantinya akan dibangun EIGER Coffee yang menawarkan berbagai pilihan kopi Indonesia dengan pemandangan langsung 360 derajat ke taman nasional Komodo, kota dan bandara Labuan Bajo, pantai, gunung juga hutan,” ungkap dia.

Bupati Mabar, Edistasius Endi menegaskan pemerintah dan rakyat Mabar akan selalu menyambut sukacita pihak manapun yang ingin berinvestasi di Manggarai Brat termasuk perusahaan ini karena diyakini akan menyerap tenaga kerja warga lokal serta mendukung peningkatan ekonomi masyarakat.

"Percayalah bahwa pemerintah dan masyarakat akan mendukung siapapun yang berinvestasi di daerah ini karena selain menyerap tenaga kerja dari warga lokal juga ikut membantu meningkatkan ekonomi masyarakat di sini. Kita akan menunggu aksi perusahan ini selanjutnya," tandasnya. (kr2/ays/dek)

  • Bagikan