391 Kg Sampah Daur Ulang Diolah Jadi Barang Ekonomis

  • Bagikan
PLN UIW NTT FOR TIMEX TJS. PLN (Persero) terus berkomitmen mendukung upaya pelestarian lingkungan di Indonesia. Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJS) yang ditujukan kepada Bank Sampah Mutiara Timor, yang berlokasi di Jalan S.D. Laning, Maulafa, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

PLN Bersinergi Dengan Bank Sampah Mutiara Timor

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- PT PLN (Persero) terus berkomitmen mendukung upaya pelestarian lingkungan di Indonesia. Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJS) yang ditujukan kepada Bank Sampah Mutiara Timor, yang berlokasi di Jalan S.D. Laning, Maulafa, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan dimulai dari Employee Green Involvement Program yang dilaksanakan bulan lalu tepatnya (3/6), di Pantai Warna, Kelurahan Oesapa dengan kegiatan bersih-bersih pantai bersama Pemerintah Daerah Kelurahan Oesapa, Bank Sampah Mutiara Timor, Beatrix yunarti Manehat Foundation, Komunitas Katong dan Bumi Flobamora dan Komunitas AKAPLEA Project.

Hasilnya pun sangat membanggakan. Dalam kegiatan tersebut berhasil mengumpulkan sebanyak 391 kg sampah yang dapat didaur ulang. Pencapaian ini menunjukkan antusiasme seluruh masyarakat yang terlibat dalam berpartisipasi dalam program pengelolaan sampah.

I Gede Agung Sindu Putra, selaku General Manager PLN UIW NTT menyampaikan, Program ini bukan hanya sekedar kegiatan sosial, tetapi juga sebagai wujud nyata kepedulian PLN terhadap lingkungan.

"Kami ingin mengajak seluruh pegawai untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan demi tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan. Kami juga ucapkan terimakasih kepada seluruh stakeholder yang sudah mendukung kegiatan ini, kepada Kelurahan Oesapa, kami juga sangat terbantukan dengan adanya kolaborasi dengan komunitas-komunitas yang bergerak dalam bidang pelestarian lingkungan seperti," ungkap Sindu.

Pelaksanaan EVP ini juga sejalan dengan program tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals) nomor 12 yaitu konsumsi dan produksi yang Bertanggung Jawab.

Sebagai bentuk dukungan nyata, PLN telah memberikan bantuan lanjutan berupa motor tiga roda untuk mempermudah proses pengangkutan sampah yang dikumpulkan oleh Bank Sampah Mutiara Timor. Dengan adanya kendaraan operasional ini, kegiatan pengumpulan sampah menjadi lebih efisien dan efektif.

Meilsi Anita Mansula selaku Direktur Bank Sampah Mutiara Timor menyampaikan dampak positif program ini dan apresiasinya kepada PLN.

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh PLN. Dengan adanya motor tiga roda ini, kami dapat menjangkau lebih banyak masyarakat dan meningkatkan jumlah sampah yang kami kelola." ujar Meilsi.

Sampah yang terkumpul terdiri dari berbagai jenis plastik dan kertas. Seluruh sampah tersebut akan diolah lebih lanjut menjadi produk yang bernilai ekonomis. Namun saat ini sampah plastik masih harus dikirim keluar pulau untuk pengolahannya.

Selain memberikan manfaat bagi lingkungan, program ini juga memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. Masyarakat dapat menukarkan sampah yang mereka kumpulkan dengan uang, sehingga memberikan insentif bagi mereka untuk memilah sampah.

PLN berharap kerja sama ini dapat menjadi contoh baik dalam mengelola sampah secara berkelanjutan. Dengan bersama-sama, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat untuk generasi mendatang. (thi/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version