Pertamina Kerahkan Tujuh Mobil Tangki Distribusi BBM di Labuan Bajo

  • Bagikan
PERTAMINA PATRA NIAGA FOR TIMEX PENGISIAN BBM. Pengisian BBM di SPBU Labuan Bajo pada Rabu (14/8).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Terkait pemberitaan gangguan stok BBM di SPBU Labuan Bajo pada Rabu (14/8), yang mengakibatkan terjadinya antrian panjang di SPBU Kabupaten Manggarai Barat - Labuan Bajo.

Hal tersebut disebabkan adanya kendala jalur distribusi BBM akibat perbaikan jalan di jalur lintas Ruteng-Labuan Bajo.

Pada perbaikan Jalan Lintas Flores di daerah Cireng tersebut diberlakukan mekanisme buka tutup jalan per dua sampai tiga jam, dan kondisi jalan yang menjadi licin setelah hujan lebat, sehingga mengakibatkan beberapa mobil tanki bermuatan maupun kosong mengalami keterlambatan ke SPBU maupun kembali ke depot.

Area Manager Comm, Rel. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, Ahad Rahedi mengatakan, antrian di SPBU tersebut juga dikarenakan adanya peningkatan konsumsi untuk BBM subsidi maupun non subsidi, sebagai imbas dari tingkat kunjungan wisata yang cukup tinggi saat ini, yang diprediksi terjadi sampai dengan bulan September ke depan, baik untuk kendaraan maupun kapal wisata.

Ahad menjelaskan, menindaklanjuti hal tersebut tim Pertamina telah melaksanakan upaya yaitu, melakukan monitoring stok dan penjadwalan lebih awal pengiriman BBM di SPBU Kabupaten Manggarai Barat, Labuan Bajo.

"Serta berkoordinasi dengan Polres Kabupaten Manggarai Barat untuk penertiban antrian di SPBU bersama dengan pengawas SPBU, untuk mengatur antrian diantaranya dengan cara memprioritaskan pengisian ke konsumen kendaraan dan meminimalisir pengisian ke konsumen non kendaraan," jelasnya.

Selain itu, kata Ahad, mengaktifkan skema alternatif jalur supply dari terminal BBM (TBBM) Bima, serta mengirimkan armada mobil tangki perbantuan, dari TBBM Ende dan TBBM Maumere untuk percepatan pengiriman BBM dari dan menuju SPBU .

"Saat ini terdapat sekitar enam sampai tujuh mobil tangki per hari yang mendistribusikan BBM ke Labuan Bajo, dan akan diupayakan penambahan kembali armada mobil tangki untuk pengiriman-pengiriman berikutnya selama proyek perbaikan jalan masih berlangsung," jelasnya.

Area Manager Comm, Rel. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, Ahad Rahedi menambahkan,
Pertamina menjamin ketersediaan stok BBM aman dan mencukupi kebutuhan masyarakat, serta menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang, tidak melakukan panic buying dan membeli BBM sesuai kebutuhan. (thi/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version