Zulhas: Suswono Kandidat Pendamping RK

  • Bagikan
Direktur Riset dan Komunikasi Kedai Kopi, Ibnu Dwi Cahyo (kanan) memberikan paparan dan pandangannya saat diskusi Dinamika Pilkada dan Partai Politik, Rabu (14/8/2024) di Jakarta.-FOTO : MUHAMAD ALI/JAWAPOS

KedaiKOPI: Kasus Airlangga Pengaruhi Pilkada

JAKARTA,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID – Nama pendamping Ridwan Kamil dalam pemilihan gubernur Jakarta kian terang. Sosok mantan Menteri Pertanian Suswono yang sempat digosipkan kini telah diusulkan pada Koalisi Indonesia Maju. Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan membenarkan hal itu.

’’Iya, ada yang sudah mengusulkan Suswono,’’ ujarnya di kantor DPP PAN, Jakarta, kemarin.
Pernyataan itu sekaligus membantah isu inisial S mengarah kepada putra Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep.

Suswono merupakan kader PKS. Kini dia menjabat ketua Majelis Pertimbangan Pusat PKS.
Suswono pernah menjabat menteri pertanian di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
PKS saat ini telah menyatakan fokus bekerja sama dengan KIM. Namun, Zulhas menegaskan bahwa usulan tersebut belum ditetapkan. Penggodokan masih terus dilakukan. Baik oleh KIM maupun bersama partai lainnya yang berpotensi membentuk KIM Plus.

Sementara itu, Ridwan Kamil juga menyampaikan jika calon pendampingnya sudah mengerucut pada satu nama.

’’Inisialnya S, sudah,’’ kata RK di DPP Golkar pada Selasa malam.

Terpisah, Direktur Riset dan Komunikasi Lembaga Survei KedaiKOPI Ibnu Dwi Cahyo menyatakan, dinamika politik di Indonesia yang memanas akhir-akhir ini cukup memengaruhi arah dukungan parpol di pilkada serentak.

Ibnu menyatakan, salah satu yang memengaruhi dinamika pilkada adalah pengunduran diri Airlangga Hartarto dari ketua umum Partai Golkar.

’’Pergantian ketua umum Golkar ini cukup memengaruhi konstelasi pilkada saat ini, terutama di daerah-daerah besar yang strategis,’’ ujarnya saat diskusi di Jakarta kemarin. (far/tyo/c12/bay/jpg/rum/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version