Kesejahteraan Tujuan Pembangunan ke Depan

  • Bagikan
MERCY FOR TIMEX POSE BERSAMA. Pj Bupati Kupang, Alexon Lumpa pose bersama forkopimda pada upacara HUT ke-79 RI di Oelamasi, Sabtu (17/8).

Pj Bupati Kupang Jadi Irup HUT ke-79 RI

OELAMASI, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Kupang, dipusatkan di lapangan kantor bupati di Oelamasi, Sabtu (17/8). Penjabat Bupati Kupang, Alexon Lumba bertindak sebagai inspektur upacara (irup). Bertindak sebagai komandan upacara, Pasilogdim 1604/Kupang, Kapten CBA Yustamarjadi.

Pengibaran bendera Merah Putih dilaksanakan secara baik oleh anggota paskibraka. Pembawa bendera adalah Marshanda Magdalena Manafe dari SMA Negeri 1 Sulamu.

Melalui tema Kemerdekaan tahun ini "Nusantara Baru Indonesia Maju", Penjabat Bupati Kupang, Alexon Lumba menyatakan, semangat bangsa Indonesia di hari kemerdekaan ini harus mengakar secara fundamental. Mengakar dalam sanubari sebagai anak bangsa, mengakar dalam spirit menjalankan peran dan karya mengakar sebagai instrumen positif dan optimisme membangun negara.

Alexon menjelaskan, kesejahteraan haruslah menjadi tujuan pembangunan ke depan. Pikiran dan kerja harus termanifestasikan dalam kerja-kerja nyata oemerintah dan masyarakat di Kabupaten Kupang.

"Mari masyarakat Kabupaten Kupang, kita penuhi hari esok dengan semangat keberlanjutan. Keberlanjutan dari kemajuan yang telah dicapai sampai saat ini. Di bidang pembangunan kesehatan, secara perlahan telah dicapai kemajuan yang tak terbantahkan. Mulai dari tren penurunan prevalensi stunting yang signifikan. Stunting yang semula berada di angka 34 persen pada tahun 2019, secara perlahan bisa diturunkan menjadi 13,98 persen saat ini," jelas Alexon.

Kabar baik juga disampaikan Alexon khusus bagi masyarakat Amfoang bahwa sementara dibangun rumah sakit pratama tipe C di Desa Fatunaus Kecamatan Amfoang Utara. Ia katakan, terus berupaya optimal untuk memenuhi hak seluruh masyarakat Kabupaten Kupang untuk mendapatkan layanan dokumen kependudukan dan catatan sipil.

Sementara, di bidang pembangunan ekonomi, dalam rangka pengendalian inflasi, pemerintah sudah melakukan upaya pemantauan stok dan harga barang kebutuhan pokok secara berkala dan operasi pasar murah bersama Perum Bulog khususnya komoditas yang mengalami kelangkaan dan lonjakan harga agar ketersediaan dan harga kebutuhan masyarakat tetap stabil.

Kemudian, melalui upaya konstruktif, Alexon katakan saat ini telah mengerjakan beberapa ruas jalan kabupaten yang representatif dan akomodatif. Pembangunan ruas jalan Silu-Oemofa 10 km, ruas jalan Oesao-Oemolo 5 km, Tanah Merah-Nonbes 3 km yang sudah selesai pekerjaannya dan akan dilanjutkan di tahun 2025 untuk memenuhi konsep ketuntasan. Ruas jalan yang lain, akan dikerjakan secara bertahap dan terencana.

Dikatakan, saat ini sedang membangun depo N2 cair di Oelamasi yang akan rampung di tahun ini. Depo ini akan digunakan sebagai media pengawet pertama semen ternak di Kabupaten Kupang dan di kabupaten lain di pulau Timor.

Dalam menghadapi tahun politik ini, dirinya selaku pembina politik di daerah berpesan agar lebih bijaksana dan dewasa dalam berpolitik.

"Hindari diri dari segregasi dan dikotomi politik, terutama yang langsung berhubungan dengan penyebarluasan hoax di media sosial, politik identitas dan money politik," katanya.

Diakui, secara objektif masih ada beberapa target pembangunan daerah yang belum optimal capaiannya. Menurutnya, semua telah diidentifikasi dan akan menjadi catatan penting sekaligus bahan evaluasi untuk perencanaan pembangunan periode berikutnya.

Usai pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada 10 organisasi perangkat daerah yang memperoleh nilai terbaik untuk  kebersihan dan kerapihan lingkungan kantor, dilanjutkan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba posyandu tingkat Kabupaten Kupang dan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba inovasi daerah.

Kemudian Pj Bupati Kupang, forkopimda dan undangan lainnya, mengikuti perayaan tos kenegaraan yang berlangsung khidmat dan lancar.

"Kita berkumpul disini tidak hanya untuk merayakan HUT ke-79 Proklamasi Kemerdekaan, tetapi saya juga mengajak kita semua untuk bersatu, bekerja bersama dan melangkah maju dengan semangat gotong royong dalam mengemban tugas kita sebagai abdi negara dan masyarakat," ungkapnya.

Hadir pada Upacara HUT ke 79 RI tingkat Kabupaten Kupang antaranya Waket DPRD Sofia Malelak-de Haan yang bertindak sebagai pembaca naskah Proklamasi, Forkopimda Kabupaten Kupang diantaranya Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, Kajari Kupang, Muhammad Ilham, Kasdim 1604/Kupang Nardi, hakim Pengadilan Negeri Oelamasi, Iwan N, Komandan Danlanud, Danlanudal, Danlantamal dan undangan lainnya.

Sedangkan pada upacara penurunan bendera Merah Putih di sore hari, dipimpin oleh Dandim 1604/Kupang, Kolonel Inf Wiwit Jalu Wibowo selaku inspektur upacara. Komandan upacara dari Polres Kupang, Iptu I Nyoman Gurina Mariana dan pembawa bendera di upacara penurunan adalah Nola Gabriela Thong dari SMA Negeri 1 Kupang Timur. Proses upacara penurunan bendera berjalan dengan baik dan lancar diikuti oleh peserta gabungan TNI, Polri dan ASN lingkup Pemkab Kupang. (ays/dek)

  • Bagikan