Undana Tuan Rumah Pesparawi Mahasiswa Tingkat Nasional

  • Bagikan
Maxs Sanam

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang menjadi tuan rumah event nasional yaitu Pesparawi Mahasiswa Tingkat Nasional ke XVIII. Pesparawi akan dilaksanakan tanggal 30 September 2024 sampai 6 Oktober 2024.

Karena itu, Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana), Prof. Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc, melaunching Maskot Pesparawi usai melaksanakan upacara Kemerdekaan RI ke-79 di lapangan Sepak Bola Undana, Sabtu (17/8).

Dalam kesempatan itu, Rektor Undana, Prof . Maxs menjelaskan bahwa, ini semua sudah sesuai dengan target. Kontingen juga sudah siap dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia mengirim kontingennya.

"Pada dasarnya kami sudah siap. Pesparawi akan menggunakan ruangan auditorium Undana," ujarnya.

Prof Maxs mengaku bahwa selama ini event-event yang sifatnya nasional di Undana belum mendapatkan, sehingga dirinya minta kepada Warek III untuk berkoordinasi.

"Kita mendapatkan kepercayaan untuk event nasional yang salah satunya adalah Pesparawi. Bagi kami bagaimana Undana ini menjadi tuan rumah yang baik dalam pelaksanaan event Pesparawi dan kalau menjadi juara kita syukuri," jelasnya.

Pesparawi ini akan dihadiri oleh ribuan peserta, orang-orang akan datang tidak hanya mengenal Undana, tapi Kupang dan NTT. Pesparawi ini juga berdampak ekonomi masyarakat Kota Kupang dan NTT.

"Saya kira inilah tujuan terpenting dari Undana unggul dan berdampak," ujar Prof Maxs.

Sementara Koordinator Bidang Acara, Abdi Keraf, menjelaskan bahwa terkait jumlah kontingen yang sudah ada informasi hadir itu ada 36 kontingen, hampir dari semua Provinsi di Indonesia, termasuk dari Papua, Kalimantan, Sumatera dan lainnya.

Untuk NTT sendiri ada 5 Perguruan Tinggi yang ikut. Seluruh panitia sudah bekerja dari beberapa bulan lalu.

"Sisi keamanan kita sudah bekerjasama dengan Polda NTT, Polresta dan kita sudah bekerjasama dengan Pemda NTT," ungkapnya.

Penginapan untuk kontingen sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak hotel di Kota Kupang.
"Persiapan sejauh ini sudah 90 persen," ujarnya.

Terkait Maskot ini diambil dari Burung Punglor Timor .

"Kita memilih ini karena kita mengangkat etnis NTT, meskipun event nasional tapi Undana sebagai tuan rumah sehingga kita mencoba mengangkat maskot bergambar burung Punglor Timor," pungkasnya. (r1/ thi/dek)

  • Bagikan