Fakultas Kedokteran Gigi Usakti Gelar KPL di Kecamatan Amarasi dan Fatuleu

  • Bagikan
MERCY FOR TIMEX POSE BERSAMA. Pj Bupati Kupang, Alexon Lumba pose bersama Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti, Wiwiek Poedjiastoeti dan drg muda Program Studi Profesi FKG Usakti, Senin (19/8).

OELAMASI, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Bertemakan "Laying A Strong Generation In Advancing Oral Health Awarness (Lasiana)," Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti (Usakti) menggelar kegiatan pengenalan lapangan (KPL) di Kabupaten Kupang, khususnya di Kecamatan Amarasi dan Kecamatan Fatuleu yang berlangsung selama dua hari.

KPL Lasiana dibuka oleh Penjabat Bupati Kupang, Alexon Lumba, Senin (19/8), bertempat di SD Katolik Oekabiti. Turut hadir Pj Ketua TP PKK, Sorta Lumba-Turnip, Kadis Kesehatan, Yoel Laitabun, Kadis P dan K, Eliazer Teuf serta Kadis Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Tjokorda.

Pj Bupati Kupang, Alexon Lumba dalam sambutannya mengatakan, dalam rangka melaksanakan pengabdian kepada masyarakat serta mendukung program pemerintah untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti bekerja sama dengan pemda serta organisasi pendidikan, telah menyusun berbagai rencana kegiatan guna meningkatkan motivasi masyarakat Kabupaten Kupang agar senantiasa menjaga kesehatan gigi dan mulut anak sekolah dan masyarakat.

"Saya sangat mendukung program seperti ini yang tidak hanya memberikan edukasi kepada masyarakat, tetapi juga menjadi wujud nyata kontribusi mahasiswa dalam pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa tidak hanya dituntut untuk unggul dalam bidang akademik, tetapi juga harus peka dan peduli terhadap permasalahan sosial di sekitarnya," terang Alexon.

Ia menyampaikan terima kasih kepada FKG Universitas Trisakti, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Persatuan Dokter Gigi Indonesia Cabang Kupang dan semua pihak terkait atas penyelenggaraan kegiatan di tengah-tengah masyarakat.

"Semoga kita semakin kokoh, kompak dan makin bersatu dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Kupang yang sehat, maju, mandiri, sejahtera, menuju Indonesia Emas tahun 2045," ungkapnya.

Sementara, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti, Wiwiek Poedjiastoeti dalam sambutannya menjelaskan, KPL merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Biro III Badan Eksekutif Mahasiswa FKG Usakti dalam rangka mendekatkan mahasiswa pada kasus-kasus situasi yang nyata serta untuk mengasah ilmu dan keterampilan selama menjalani koas atau drg muda di Program Studi Profesi FKG Usakti.

"KPL juga menjadi wahana penting sebelum mereka lulus dan bergelar drg, hingga terjun ke dunia internship selama enam bulan. Dengan KPL, memberikan edukasi meningkatkan pemahaman masyarakat akan perlunya menjaga kesehatan gigi dan mulut. KPL meliputi penyuluhan, pemeriksaan serta pengobatan gigi dan mulut," jelas Wiwiek.

Selanjutnya, dilaporkan dokter muda, Diana Ariana selaku ketua pelaksana bahwa KPL Lasiana diikuti 149 orang perwakilan dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti yang terdiri dari elemen pimpinan, para dokter Gigi Spesialis, dokter Gigi Spesialis Gigi Anak, dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi, dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut, dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut dan dokter Gigi Umum.

"Kami berharap dapat memberikan pengobatan kepada masyarakat Kecamatan Amarasi dan Fatuleu dengan target 1.800 masyarakat dalam dua hari ke depan," kata Diana.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan ruangan pemeriksaan gigi dan mulut oleh Pj Bupati didampingi jajaran dokter Gigi Universitas Trisakti di SDK Oekabiti. (ays/dek)

  • Bagikan