Tanamkan Rasa Cinta Tanah Air dengan Gelar Aneka Lomba

  • Bagikan
IST MERIAH. Suasana kemeriahan saat aneka perlombaan digelar di wilayah RT 37/RW 17 Kelurahan Kelapa Lima dalam rangka HUT ke-79 RI, Sabtu (17/8).

Keseruan Warga RT 37, Kelurahan Kelapa Lima Meriahkan HUT ke-79 RI

Wilayah Rukun Tetangga (RT) 37 /RW 17 Kelurahan Kelapa Lima, tak melewatkan momentum HUT ke-79 RI tahun ini begitu saja. Aneka lomba digelar guna memeriahkan momentum tahunan ini.

IMRAN LIARIAN, Kupang_

GUNA menumbuhkan rasa cinta ranah air dan rasa nasionaliseme warga, maka Ketua RT 37, Kelurahan Kelapa Lima, Erli Lay Bangke menggelar aneka lomba. Aneka lomba ini diikuti oleh seluruh warga RT 37, Kelurahan Kelapa Lima.

Apalagi, setiap perayaan HUT RI, kegiatan yang sama selalu digelar. Semua lapisan umur terlibat aktif dalam semua kegiatan perlombaan yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-79 RI ini.

Puluhan anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) sangat bersemangat mengikuti semua lomba. Mulai dari makan kerupuk, lari karung, gigit sendok dan aneka lomba tradisional lainnya.

Kendati demikian, ada satu lomba yang menarik sekaligus membuat orang-orang yang menonton itu tertawa yaitu lomba menyuap kue sembil menutup mata.

Lomba menyuapi kue dengan mata tertutup ini dilakukan untuk pasangan yang dipilih oleh panitia kegiatan. Peserta lombanya merupakan orang-orang muda di wilayah RT 37 tersebut. Pesertanya adalah anak-anak SD dari kelas III (3) sampai kelas VI (6).

Ketua RT 37, Kelurahan Kelapa Lima, Erli Lay Bangke, mengaku bahwa walaupun perlombaan dilihat sangat sederhana, tetapi ada dampak positif yang diberikan kepada anak-anak merupakan generasi penerus bangsa.

Anak-anak diberikan ruang dan kesempatan untuk berekspresi sekaligus berkompetisi dalam aneka lomba yang digelar.

"Kami tanamkan kepada anak-anak tentang semangat perjuangan," ungkapnya, belum lama ini.

Dengan adanya aneka lomba yang digelar dalam rangka HUT Kemerdekaan ini maka generasi penerus bangsa bisa lebih menghargai Kemerdekaan karena kemerdekaan yang diraih dengan penuh perjuangan oleh para Pahlawan.

Dalam mengisi kemerdekaan ini, generasi bangsa tidak lagi berjuang melawan penjajah melainkan berjuang melawan sikap pribadi masing-masing individu yang tidak baik untuk menjadi lebih baik guna menyongsong kehidupan ke depan yang lebih baik.

Sementara Rudi Adu, salah satu pemuda di RT 37, Kelurahan Kelapa Lima, mengaku bahwa aneka lomba yang digelar ini selain memeriahkan HUT ke-79 RI, tapi juga menanamkan rasa cinta tanah air dan semangat perjuangan kepada generasi penerus bangsa.

"Sekira puluhan anak-anak usia SD yang ikut aneka lomba," ujarnya.

Pesan kepada anak-anak dalam aneka lomba ini merupakan bagian dari mendidik karakter anak-anak untuk memiliki semangat juang yang tinggi serta pantang menyerah guna mencapai hal yang baik.

"Kami ingin tanamkan jiwa nasionalisme sejak kecil atau usia dini," pungkasnya. (gat/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version