Bank Mandiri Perkuat Sinergi dengan SGN

  • Bagikan
BANK MANDIRI KOLABORASI BUMN: Budi Purwanto (tiga dari kiri) dan Direktur Keuangan SGN Hariyanto (empat dari kiri) setelah menandatangani MoU layanan keuangan di Jakarta kemarin (19/8).

JAKARTA,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Perbankan terus memperluas ekosistem bisnisnya. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menjalin kemitraan PT Sinergi Gula Nusantara (SGN), Subholding Komoditi Gula PTPN III (Persero) Holding Perkebunan.

Bank Mandiri menyediakan solusi finansial untuk mendukung ekosistem SGN. Khususnya bagi para petani tebu dalam menyediakan fasilitas kredit usaha mikro (KUM) maupun kredit usaha rakyat (KUR). Fasilitas pembiayaan tersebut menawarkan skema bayar panen sehingga memungkinkan petani mengatur arus kas dengan lebih fleksibel.

"Dengan demikian, kewajiban pembayaran dapat disesuaikan dengan waktu panen, yang kerap menjadi tantangan dalam pengelolaan usaha pertanian," ucap Executive Vice President Corporate Banking VI Bank Mandiri Budi Purwanto kemarin (19/8).

Hingga Juli 2024, bank berlogo pita emas itu telah menyalurkan KUM kepada lebih dari 294 ribu UMKM dengan nilai mencapai Rp 32,7 triliun. Angka itu meningkat 10,74 persen secara tahunan.

"Melalui digitalisasi dan kemitraan strategis dengan SGN, kami berupaya menciptakan ekosistem yang inklusif dan berkelanjutan, di mana para petani memiliki akses lebih mudah terhadap pembiayaan sesuai dengan kebutuhan mereka," bebernya.

Selain memberikan dukungan pembiayaan kepada petani, kerja sama Bank Mandiri dan SGN mencakup penyediaan pembiayaan untuk supplier dan vendor melalui mekanisme accepted invoice financing. Upaya tersebut diharapkan dapat memperkuat rantai pasokan atau value chain ekosistem SGN.

"Sehingga, operasional bisnis dapat berjalan lebih efisien dan efektif," ujarnya. (han/c7/dio/thi/dek)

  • Bagikan