Gelar Donor Darah Diikuti Berbagai Elemen Masyarakat

  • Bagikan
IST DONOR DARAH. Para peserta kegiatan donor darah sementara mendonorkan darahnya dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-76 Polwan RI di aula Hemodialisa, Kompleks Rumah Sakit Bhayangkara Kupang, Selasa (20/8).

Bakti Sosial Memperingati Hari Jadi ke-76 Polwan RI Tahun 2024

Moementum menyambut Hari Jadi ke-76 Polisi Wanita Republik Indonesia (Polwan RI) tahun 2024, para Polwan Polda NTT dan Polresta Kupang Kota memilih menggelar kegiatan bakti sosial (Baksos) berupa donor darah.

IMRAN LIARIAN, Kupang_

KEGIATAN donor darah dalam rangka memeriahkan sekaligus menyambut Hari Jadi ke-76 Polwan RI tepatnya tanggal 1 September mendatang, maka jajaran Polwan Polda NTT dan Polresta Kupang Kota menggelar kegiatan donor darah. Kegiatan baksos ini digelar di Aula Hemodialisa, kompleks Rumah Sakit Bhayangkara Kupang, Kelurahan Oetete, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Selasa (20/8).

Kegiatan baksos ini digelar oleh Polwan Polda NTT sebagai bagian dari perayaan Hari Jadi ke-76 Polwan RI.

Wakil Ketua Panitia Hari Jadi Polwan, Kompol Tuty Maryati menjelaskan bahwa kegiatan donor darah ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan Hari Jadi ke-76 Polwan RI yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

Kompol Tuty juga menekankan pentingnya kehadiran Polwan Polda NTT untuk selalu dekat dengan masyarakat.

"Donor darah ini adalah salah satu cara kita untuk membantu masyarakat, khususnya dalam bidang kesehatan," kata Kompol Tuty.

Diharapkan aksi donor darah ini tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan pendonor, tetapi juga bagi masyarakat yang membutuhkan.

Donor darah ini melibatkan perwakilan dari Satker Mapolda NTT, TNI, dan Bhayangkari NTT. Palang Merah Indonesia (PMI) NTT menyiapkan 150 kantung darah untuk mendukung acara ini.

"Terima kasih atas dukungan dan kerjasamanya, semoga kegiatan ini membawa manfaat yang besar bagi semua pihak," ungkapnya.

Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol. Aldinan R. J. H. Manurung pada kesempatan itu mengatakan kegiatan bakti sosial ini diikuti oleh 14 Polwan Polresta Kupang Kota.

Kegiatan donor darah ini sebagai salah satu bentuk pengabdian Polwan kepada masyarakat, khususnya yang membutuhkan transfusi darah.

"Salah satu bentuk kepedulian para Polwan, dengan mendonorkan darahnya demi memenuhi kebutuhan stok atau kebutuhan akan darah bagi warga di Kota Kupang," jelas Kombes Pol. Aldinan.

Dengan stok darah yang mencukupi maka warga yang memerlukan transfusi bisa langsung menghubungi kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Kupang guna meminta darah yang dibutuhkan.

"Darah yang sudah terkumpul, akan diberikan kepada PMI, guna memenuhi kebutuhan akan darah bagi warga Kota Kupang," sebut Kombes Pol. Aldinan.

Untuk diketahui, sebelum akan dilakukan donor darah, calon pendonor harus melakukan beberapa rangkaian tes kesehatan, seperti pengecekan tekanan darah, konsultasi singkat dengan dokter, dan pengecekan kondisi Hemoglobin (HB).

Kemudian selanjutnya, setelah dinyatakan sehat, lalu calon pendonor boleh mendonorkan darahnya dengan bantuan tenaga medis dari kantor PMI Kupang. (gat/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version