Peserta Rakor Timpora Kabupaten Rote Ndao Diminta Perkuat Sinergitas dan Kolaborasi

  • Bagikan
Timpora Kabupaten Rote Ndao melaksanakan Rakor Implementasi Desa Binaan Imigrasi atas inisiasi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang, yang dilaksanakan di Hotel New Ricky, Ba'a, Kamis (22/8/2024). (FOTO: Dok. Imigrasi)

BA'A, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kabupaten Rote Ndao melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) Implementasi Desa Binaan Imigrasi tingkat kabupaten itu, Kamis (22/8/2024). Rapat yang diinisiasi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang ini dilaksanakan di Hotel New Ricky dan dihadiri semua unsur terkait yang tergabung dalam Timpora Kabupaten Rote Ndao. Rapat ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao, Jonas M. Selly.

"Timpora mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam pelaksanaan pengawasan terhadap orang asing," ucap Jonas dalam sambutannya saat membuka rapat tersebut. "Timpora adalah garda terdepan dalam pelaksanaan pengawasan orang di wilayah Kabupaten Rote Ndao, mengingat wilayah Kabupaten Rote Ndao adalah wilayah pariwisata dan jalur bagi pelintas ilegal yang akan memasuki wilayah Australia," lanjutnya.

Oleh karena itu, Jonas berharap Timpora yang sudah ada ini dapat bekerja secara sinergis, melibatkan seluruh elemen yang ada, baik dari instansi pemerintah, aparat keamanan maupun masyarakat. Sinergi dan kolaborasi sangat diperlukan agar dapat mendeteksi secara dini dan menangani dengan cepat segala potensi masalah yang timbul.

"Komunikasi yang efektif dan berbagi informasi secara tepat waktu akan menjadi kunci dalam keberhasilan dalam tugas pengawasan ini. Jadi saya mengajak semua pihak yang terlibat dalam Timpora ini untuk berkomitmen penuh membangun kolaborasi aktif dan efektif," ajak Jonas.

Sementara itu, dalam rapat yang dipandu, Aurizal W. Hakim, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, yang hadir mewakili Kepala Kantor Imigrasi Kupang, Nanang Mustofa, berjalan serius disertai diskusi panjang mengenai perlunya membangun sinergitas dan kolaborasi. Langkah strategis yang bisa dilakukan yakni dengan melakukan pertukaran informasi secara cepat dan pelaksanaan pengawasan gabungan bersama secara masif.

"Kami mengharapkan agar segera dibentuk group whatsapp atau jika sudah ada, mohon kami digabungkan ke dalamnya. Beberapa diantara kami baru dalam keanggotaan Timpora karena rotasi dan mutasi dalam tubuh organisasi instansi," ujar Daud D. Bessie, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kabupaten Rote Ndao. "Saya kira ini sangat bermanfaat dalam hal pertukaran informasi secara cepat dan efisien," sambungnya.

Terkait pelaksanaan pengawasan gabungan secara masif, Aurizal mengungkapkan, salah satu kendala yang dialami yakni kurangnya anggaran. Namun, Ia berharap agar kolaborasi bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Aurizal juga berharap, agar masing-masing instansi yang tergabung dalam Timpora bisa saling mendukung terkait pengawasan gabungan bersama secara masif, terlebih terkait permasalahan anggaran.

Menurut Aurizal, jika ada instansi yang tergabung dalam Timpora ternyata memiliki program dan anggaran yang memadai untuk pelaksanaan pengawasan gabungan, maka Imigrasi Kupang akan sangat terbuka untuk mendukung diadakan pengawasan gabungan bersama.

Imigrasi Kupang dalam Timpora, kata Aurizal, hanya bertindak selaku instansi yang menginisiasi pelaksanaan program dan tujuan dibentuknya Timpora, namun setiap anggota di dalamnya memiliki wewenang dan peran yang sama untuk melaksanakan sesuai tugas dan fungsi yang diemban.

Dikatakan, jika saja masing-masing instansi dalam keanggotaan Timpora bisa melaksanakan program pengawasan gabungan bersama, maka rencana pelaksanaan program pengawasan gabungan bersama secara masif bukanlah hal yang tidak mungkin dilaksanakan.

Kepala Kantor Imigrasi Kupang, Nanang Mustofa, ketika dihubungi Tim Humas mengungkapkan, memang sangatlah penting untuk diperkuat sinergitas dan kolaborasi antar anggota Timpora.

Menurutnya, banyak permalasahan keimigrasian yang dialami belakangan ini, hanya dapat diatasi melalui wadah Timpora. Melalui sinergitas dan kolaborasi Timpora, kestabilan dan ketertiban umum serta penegakan hukum di tengah masyarakat, khususnya di Kabupaten Rote Ndao dapat terwujud dengan baik.

"Memang banyak kendala yang telah dan akan dialami, namun yang terpenting saat ini adalah bagimana kita (Timpora, Red) fokus hadapi permasalahan keimigrasian yang ada di Kabupaten Rote Ndao. Dengan memperkuat sinergitas dan kolaborasi diantara anggota Timpora yang ada, saya kira permasalahan keimigrasian dapat dideteksi secara dini dan ditangani secara cepat, tepat, dan efisien," jelasnya.

"Saat ini, Imigrasi Kupang sedang merenovasi total pos Imigrasi Rote Ndao, diharapkan nantinya bisa ditempati oleh petugas Imigrasi dan berfungsi sebagai pos pengawasan keimigrasian," pungkasnya. (*/em)

  • Bagikan