PON XXI Bakal Dibuka Jokowi

  • Bagikan
logo

JAKARTA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID– Pembangunan venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024 belum tuntas. Padahal, PON hanya tinggal dua pekan.

’’Kami berharap dengan waktu yang masih ada, hari ini 14 hari lagi, venue-venue dapat diselesaikan dengan tuntas, kata Ketua KONI Pusat Marciano Norman.

Hal itu disampaikan Marciano di hadapan Dewan Pengawas KONI Pusat seperti Letjen TNI (Purn) Benny Susianto, Komjen Pol (Purn) Nanan Sukarna, dan Indra Kartasasmita, Senin (26/8).

Marciano juga menyampaikan bahwa PON XXI resmi dibuka Presiden RI Joko Widodo pada 9 September 2024. Atau, bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Ke-41.

’’Memang pembukaan semula dilakukan pada 8 September. Tetapi, terakhir perkembangannya, presiden menghendaki 9 September di Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya," terang Marciano.

Untuk diketahui, PON XXI Aceh-Sumut 2024 mempertandingkan 67 cabor. Aceh mempertandingkan 33 cabang olahraga dengan 42 disiplin yang melibatkan 6.287 atlet dan 3.158 ofisial. Sementara itu, Sumut mempertandingkan 34 cabang olahraga dengan 46 disiplin yang melibatkan 6.618 atlet dan 3.320 ofisial. Seluruh atlet akan berlaga pada 1.042 nomor pertandingan di 10 kabupaten/kota, baik di Aceh maupun Sumut.

Sebaran kabupaten/kota di Aceh, antara lain, Banda Aceh, Aceh Besar, Sabang, Pidie, Aceh Utara, Aceh Timur, Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Barat, dan Aceh Tenggara. Sedangkan sebaran kabupaten/kota di Sumut, antara lain, Medan, Deli Serdang, Karo, Binjai, Langkat, Serdang Bedagai, Pematang Siantar, Simalungun, Toba, dan Samosir. (raf/c7/bas/jpg/gat/dek)

  • Bagikan