Fokuskan Pelayanan bagi Masyarakat

  • Bagikan
IST IKUT APEL. Para staf ahli, asisten dan kepala OPD lingkup Pemkot Kupang mengikuti apel pagi perdana dipimpin Pj Wali Kota Kupang, Linus Lusi di lapangan upacara Kantor Wali Kota Kupang, Selasa (27/8).

Perminta Pj Wali Kota Kupang untuk seluruh ASN dan PTT

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Usai dilantik pada Sabtu, (24/8), Penjabat (Pj) Wali Kota Kupang, Linus Lusi kemudian memimpin apel perdana bersama seluruh ASN dan PTT Lingkup Kota Kupang, Selasa (27/8) di lapangan upacara Kantor Wali Kota Kupang.

Mengawali arahannya saat memimpin apel perdana bersama seluruh ASN dan PTT lingkup Pemkot Kupang itu, Pj Wali Kota Kupang menyapa dan memperkenalkan dirinya kepada para ASN dan PTT Kota Kupang.

Ia juga mengajak seluruh jajaran di Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang untuk memberikan perhatian serius terhadap program prioritas yang sedang berjalan dan tengah dilakukan oleh para camat, lurah, kepala puskesmas dan seluruh kepala perangkat daerah lingkup Kota Kupang dibawa koordinasi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kupang.

“Kota Kupang sebagai barometer dalam berbagai hal di lingkup Pemerintah Provinsi NTT, oleh karena itu kita patut bersyukur dan berterima kasih atas jejak langkah dan karya-karya besar yang telah ditorehkan para pendiri dan penerus kinerja yang sudah dilakukan oleh para ASN dan PTT Kota Kupang dibawah kepemimpinan para mantan Kepala Daerah dan mantan Penjabat Kepala Daerah sebelumnya,” ungkapnya.

Dijelaskannya rekomendasi Ombudsman terkait pelayanan masyarakat yang seringkali dirilis menjadi sebuah bagian yang tidak terpisahkan dalam menumbuhkan spirit kerja di lingkungan perangkat daerah masing-masing dalam melayani masyarakat yang tersebar di 51 kelurahan.

Hal tersebut menjadi dedikasi bagi ASN dan PTT dalam melakukan pekerjaan sebagai pelayan masyarakat. Ia juga menekankan bahwa disiplin adalah kunci dan nafas kehidupan, oleh karena itu Sekda dan dinas-dinas teknis terkait diminta untuk memantau ASN dan PTT pada jam kerja, bagi yang tidak berada pada tempat yang tidak semestinya harus ditertibkan.

Lebih lanjut Pj Wali Kota mengatakan semua yang diharapkan mengacu kepada program prioritas yang telah didesain seperti peningkatan SDM yang tersebar di bidang pendidikan dan kebudayaan, kesehatan, lingkungan hidup, ekonomi, infrastruktur dan stabilitas politik.

“Ini adalah masa-masa transisi di Kota Kupang, maka ASN dan PTT harus benar-benar menunjukkan loyalitas tanpa pamrih. Kita harus menjaga netralitas ASN karena dengan netralitas sudah memberikan indeks demokrasi yang sangat bagus,” tegasnya.

Terkait penanganan sampah, Pj Wali Kota minta kepada seluruh ASN dan PTT secara masif untuk bersama masyarakat membersihkan lingkungan dari sampah. Dinas terkait diminta untuk mengatur kembali mekanisme kerja sehingga seluruh warga terlibat dalam bekerja sama membersihkan sampah. Sehingga masyarakat tidak hanya jadi penonton saat ASN dan PTT namun turut serta dalam membersihkan lingkungan.ungkapnya.

Kemudian, Pj Wali Kota Kupang juga meminta agar tidak mempersulit ASN yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Bagi para PTT agar bisa kembangkan diri masing-masing dan bersiap untuk mengikuti tes PPPK dengan jumlah formasi yang telah dialokasikan.

Apresiasi bagi para camat dan lurah atas kinerjanya dalam melayani masyarakat dan pengendalian wilayah serta bagi dinas-dinas teknis yang masih ditemui sejumlah kendala agar secepatnya berbenah.

“Saya di sini cuma 6 bulan, tapi kita harus beri fokus pada hal-hal yang telah menjadi prioritas dan sorotan. Presiden selalu berpesan kepada semua Kepala Daerah dan Penjabat Kepala Daerah se Indonesia khususnya Kota Kupang untuk selalu menjaga kebersihan yang di mulai dari rumah tangga dan lingkungan setempat,” pesannya menutup arahan pada apel pagi.

Apel gabungan tersebut diikuti oleh Sekretaris Daerah Kota Kupang, Fahrensy Funay, para Staf Ahli Wali Kota, para Asisten Sekda Kota Kupang, para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Kota Kupang, para Direktur Perusahaan Daerah, camat, lurah serta seluruh ASN dan PTT Kota Kupang. (thi/gat/dek)

  • Bagikan