Pastikan Rute Kupang-Dilli Aman

  • Bagikan
IST PANTAU. Pj Wali Kota Kupang, Linus Lusi bersama jajarannya saat turun dan meninjau langsung kondisi di Terminal Internasional Tipe A Beumopu di Jalan Herman Johanes, Kelurahan Lasiana, Kamis (29/8).

Pj Wali Kota Pantau Kondisi Terminal Tipe A

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Penjabat (Pj) Wali Kota Kupang, Linus Lusi berkesempatan turun dan meninjau langsung kondisi di Terminal Internasional Tipe A Beumopu di Jalan Herman Johanes, Kelurahan Lasiana, Kamis (29/8). Peninjauan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan sarana dan prasarana transportasi di terminal tersebut, guna mengantisipasi lonjakan penumpang Kupang-Dili jelang kunjungan Paus Fransiskus ke Timor Leste pada tanggal 9 September mendatang.

Sebelumnya, dalam pertemuan dengan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Nusa Tenggara Timur (NTT) di ruang kerjanya, Pj Wali Kota ingin memastikan kesiapan terminal Tipe A Beumopu Kupang yang sejak beberapa waktu terakhir sudah menjadi tempat persinggahan angkutan bus rute Kupang-Dili pergi pulang (PP).

Menurutnya, diperkirakan akan ada banyak umat Katolik Kota Kupang yang melintas ke Timor Leste untuk ikut menyambut kedatangan Paus Fransiskus.

"Kita ingin memastikan kesiapan terminal dan armada yang akan mengangkut warga yang hendak ke Timor Leste, termasuk untuk mengetahui kendala yang mungkin dialami pengelola terminal, sehingga bisa dapat segera dicarikan solusi," jelasnya.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Nusa Tenggara Timur (NTT), Robert Tail mengaku bahwa saat ini sudah ada angkutan bus yang melayani rute Kupang-Dili secara rutin.

Saat ini sudah ada tiga armada yakni Bagong, DAMRI dan Babadok yang memiliki trayek Kupang-Dili PP (Kupang-Soe-Kefamenanu-Atambua-Motaain-Maubara-Liquica-Tibar-Dili) setiap hari.
Menurut Robert, terminal dengan kapasitas kurang lebih 500 penumpang itu akan selesai dikerjakan tahun ini dan rencananya akan diresmikan oleh Presiden RI tahun depan.

Robert juga mengaku bahwa saat ini terminal sudah siap beroperasi, tinggal menunggu pembukaan trayek baru oleh Pemkot Kupang untuk melayani penumpang dari terminal ke dalam kota.

Pada kesempatan yang sama dia juga menawarkan dukungan berupa bantuan teknis untuk operasional lampu-lampu jalan yang ada di sekitar lokasi terminal tersebut.

Selain itu dia juga menawarkan kepada Pemkot Kupang agar di lokasi terminal tersebut bisa dibangun Mall Pelayanan Publik untuk lebih mendekatkan pelayanan bagi warga di pinggiran Kota Kupang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Kupang, Bernadinus Mere menjelaskan saat ini pihaknya sedang melakukan analisis mengenai peluang trayek baru dari Terminal Bimoku ke dalam Kota.

"Juga akan mengaktifkan bus bantuan dari Kementerian Perhubungan untuk melayani rute baru tersebut sambil mempersiapkan sarana penunjang demi kenyamanan penumpang," pungkasnya.

Turut mendampingi Pj Wali Kota Kupang dalam kunjungan tersebut, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Nusa Tenggara Timur (NTT), Robert Tail, Kepala Dinas Perhubungan Kota Kupang, Bernadinus Mere dan Plt. Kadis PUPR Kota Kupang, Maxi Dethan. (thi/gat/dek)

  • Bagikan