INSAN BUMI MANDIRI DAN CAHAYA HIJRAH

  • Bagikan
Foto Bersama Dandim 1621 TTS Letkol Inf. Sobirin, S.Ag, M.Si, Ketua Yayasan Cahaya Hijrah Muhazir Syukur dan Relawan Insan Bumi Mandiri , Kasi Um Polsek Amanuban Timur, Hasdin dan Tokoh adat beserta Tokoh Masyarakat Usai Peresmian Masjid Al Umar Taenoe. Ahad 01 Sep 2024

DANDIM 1621 TTS RESMIKAN MASJID TAENOE

Kebahagiaan terpancar dari warga kampung Taenoe saat acara peresmian Masjid Al Umar Manes di Desa Oeekam Kec. Amanuban Timur, Kab Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Kegiatan ini dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh adat, pemerintahan setempat yakni Camat Amanuban Timur (Kristianto Misa) Kepala Desa Oeekam (Jeyoda E. Nabunome), Ketua MUI Kec. Amanuban Timur (Bpk. Burhan Nogo), Kapolsek Amanuban Timur yang diwakili oleh (Kasi.Um Polsek) Hasdin, Babinsa (Jumadi), Tokoh Pedalaman Timor (Zulkarnain Nobisa, S.Sos), bahkan diresmikan langsung oleh Dandim 1621 TTS, (Letkol. Inf. Sobirin, S.Ag, M.Si) dan Ketua Yayasan Cahaya Hijrah (Muhazir Syukur) selaku relawan dan mitra lokal IBM di Pedalaman Timor.
“ Saya ucapkan terima kasih kepada tokoh adat, tokoh masyarakat dan pemerintah setempat yang sudah memberikan ijin untuk pendirian rumah ibadah di kampung Taenoe, karena selama ini jamaah muslim harus berjalan kaki ke masjid terdekat sejauh 5 KM untuk melaksanakan ibadah. Diharapkan dengan adanya masjid ini bisa memberikan kenyamanan beribadah bagi warga di Taenoe sekaligus memupuk toleransi dan kebersamaan di mana keluarga besar Manes yang berdomisili di Taenoe memeluk agama yang berbeda, yakni ada yang muslim, kristen dan katolik yang sudah hidup rukun bersama selama ini. Bahkan dengan adanya masjid ini semoga bisa membuka peluang pemberdayaan keumatan dan kemasyarakatan dengan aneka program yang bisa disinergikan dengan mitra dan donatur nantinya.” Ungkap Dandim 1621 TTS, Letkol Inf. Sobirin, S.Ag M.Si dalam sambutan sebelum acara peresmian.
Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Cahaya Hijrah, Muhazir Syukur sekaligus sebagai mitra lokal Insan Bumi Mandiri menyampaikan terima kasih dan salam dari pimpinan Insan Bumi Mandiri yang sudah membersamai aneka program keummatan di Pedalaman Timor selama ini, salah satunya Pembangunan Masjid Al Umar Taenoe sejak tahun 2019, kemudian penggalangan donasi online lewat platform IBM maupun lewat offline dengan mitra yang tidak bisa disebutkan satu persatu, hingga saat ini diresmikan oleh kita semua yang hadir pada kesempatan ini. Semoga dengan kehadiran masjid di Taenoe bisa berlanjut dengan beberapa program lainnya demi pemberdayaan kemasyarakatan untuk pemberdayaan ekonomi ummat dan juga warga sekitar, karena banyak potensi yang bisa diberdayakan diantara peternakan, pertanian, juga program tenun ibu ibu yang mungkin selama ini sudah berjalan namun belum optimal dengan pemasaran yang ada, ke depannya semoga bisa bersinergi dengan beberapa NGO untuk pemberdayaan di kampung Taenoe juga pedalaman Timor pada umumnya.
Acara yang dimulai jam 10.00 WITA diawali dengan pembacaan kalam Ilahi, ayat suci Alquran dan penampilan para santri TPQ dan Ibu ibu majelis taklim dari masjid setempat. Dilanjutkan dengan sambutan sambutan dari para tokoh masyarakat, tokoh ummat dan perwakilan donatur oleh Muhazir Syukur dan diakhiri dengan sambutan dari Dandim 1621 TTS sekaligus meresmikan masjid dengan pembukaan tirai papan nama masjid dan ditandai dengan lantunan adzan dhuhur oleh ustadz di masjid Al Umar. Acara ditutup dengan ramah tamah dan makan siang bersama juga pembagian beberapan bantuan dari Tim Gerakan Jumat Berkah, diantaranya pakaian layak pakai dan aneka kue dan snack yang dititipkan dari ibu-ibu di Kota Soe. (*Sps)

  • Bagikan