JANGAN NERVOUS, BERMAIN LEPAS SAJA

  • Bagikan
PSSI.org LAGA PERDANA. Maarten Paes bakal memainkan laga perdananya bersama Timnas Indonesia saat meladeni Arab Saudi dinihari nanti.

Arab Saudi vs Indonesia

STY Bertumpu pada Pemain yang Berkompetisi di Luar Negeri

JEDDAH,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID – Shin Tae-yong (STY) membawa 26 pemain ke Jeddah untuk menghadapi Arab Saudi. Di antara 26 nama itu, 14 pemain berstatus abroad atau pesepak bola yang berkarier di luar negeri. Dan, STY menaruh harapan besar di pundak mereka saat timnas Indonesia berhadapan dengan The Green Falcons –julukan timnas Arab Saudi– dini hari nanti diKing Abdullah Sports City, Jeddah, pukul 01.00 WIB (siaran langsung RCTI).

Sayangnya, tidak semua pemain abroad available untuk diturunkan dini hari nanti.
Ya, STY dipastikan tidak bisa menurunkan Justin Hubner. Penggawa Wolverhampton Wanderers itu absen melawan Arab Saudi karena terkena akumulasi kartu kuning.

Meski demikian, STY masih cukup bisa bernapas lega. Sebab, stok pemain abroad yang tersisa merata di tiap posisi. Termasuk di posisi penjaga gawang. Pelatih berpaspor Korea Selatan tersebut sudah bisa memainkan kiper FC Dallas Maarten Paes sejak menit awal.
Proses administrasinya sudah beres.

’’Sebagian pemain kami adalah abroad. Para pemain itu memiliki kondisi, taktikal, dan pemahaman yang baik. Sebagian pemain itu berkompetisi di liga Eropa. Dan, itu sangat membantu performa kami,’’ ujar STY kemarin.

Dalam laga kontra The Green Falcons, pelatih timnas Korea Selatan di FIFA World Cup 2018 Russia tersebut akan sangat bertumpu kepada para pemain yang berkarier di luar negeri. Sebab, di atas kertas, Arab Saudi memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan skuad Merah Putih. The Green Falcons saat ini menduduki peringkat ke-56 dunia. Sedangkan Indonesia berada di urutan ke-133 dunia.

Kewaspadaan STY terhadap Arab Saudi bertambah dengan isi kepala pelatih Roberto Mancini.
Menurut STY, mantan pelatih Inter Milan dan Manchester City tersebut membawa visi yang bagus terhadap timnas Arab Saudi.

’’Arab Saudi punya teknik individu yang bagus. Fisiknya kuat. Di bawah arahan pelatih Roberto Mancini, tim memiliki arahan yang jelas, kompak, dan terorganisasi dengan baik. Mungkin itu yang saya bisa sampaikan tentang Arab Saudi,’’ terang pelatih 53 tahun tersebut.

Meski demikian, STY meminta para pemainnya untuk tidak nervous di King Abdullah Sports City dini hari nanti.
Dia ingin Rafael Struick dan kawan-kawan bermain lepas. Sebab, dalam persaingan di ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, STY tidak membebankan para pemainnya untuk finis di posisi pertama atau kedua grup C.

’’Kami berada di grup terkuat. Tapi, saya tegaskan kami tidak akan menyerah. Tapi, jujur, kami tidak menargetkan posisi pertama atau kedua dalam babak ini. Target kami adalah berada di posisi ketiga atau keempat. Jadi, target saya adalah membawa tim ini bisa bermain pada babak selanjutnya (ronde keempat kualifikasi Piala Dunia 2026),’’ ungkap STY.

Jay Idzes, defender timnas Indonesia, menilai pertandingan melawan Arab Saudi akan menarik. Dia pun mengajak teman-temannya untuk tidak gentar dengan nama besar Arab Saudi. Sebab, dalam sepak bola, apa pun bisa terjadi.

’’Anda tahu dua tahun lalu Arab Saudi bermain melawan Argentina. Dan, kita semua tahu bagaimana hasilnya (Arab Saudi menang 2-1 atas Argentina dalam Piala Dunia 2022 Qatar, Red). Pada akhirnya, dalam sepak bola, apa pun bisa terjadi,’’ tegas penggawa Venezia tersebut.

Sementara itu, meski berada di atas angin, Mancini tidak mau meremehkan Indonesia. Apalagi, menurut dia, tidak ada laga perdana yang mudah dalam sebuah kejuaraan.
’’Besok (hari ini) adalah pertandingan yang sulit. Kami mengenal timnas Indonesia dengan sangat baik,’’ ujar mantan pelatih timnas Italia itu. (fiq/c17/ali/rum/dek)

Perkiraan Pemain

Arab Saudi (4-5-1):
21-Mohammed Alowais (g); 12-Saud Abdulhamid, 4-Ali Lajami, 5-Ali Albulayhi, 17-Rayan Hamed; 8-Musab Aljuwayr, 6-Nasser Aldawsari, 10-Salem Aldawsari (c), 15-Abdullah Alkhaibari, 23-Mohamed Kanno; 9-Feras Albrikan
Pelatih: Roberto Mancini

Indonesia (3-4-3):
1-Maarten Paes (g); 6-Sandy Walsh, 3-Jay Idzes, 5-Rizky Ridho; 14-Asnawi Mangkualam (c), 22-Nathan Tjoe-A-On, 19-Thom Haye, 4-Calvin Verdonk; 7-Marselino Ferdinan, 9-Rafael Struick, 11-Ragnar Oratmangoen
Pelatih: Shin Tae-yong

Siaran langsung: RCTI pukul 01.00 WIB

Venue: King Abdullah Sports City

Hasil 10 Pertemuan Terakhir Indonesia vs Arab Saudi

*Arab Saudi 4-0 Indonesia - Laga Persahabatan 1997

  1. *Arab Saudi 1-1 Indonesia - Laga Persahabatan 1997
  2. *Arab Saudi 5-0 Indonesia - Kualifikasi Piala Asia 2004. *Indonesia 0-6 Arab Saudi - Kualifikasi Piala Asia 2004
  3. *Arab Saudi 3-0 Indonesia - Kualifikasi Piala Dunia 2006
  4. *Indonesia 1-3 Arab Saudi - Kualifikasi Piala Dunia 2006
  5. (Indonesia 1-2 Arab Saudi - Piala Asia 2007
  6. *Indonesia 0-0 Arab Saudi - Laga Persahabatan 2011
  7. *Indonesia 1-2 Arab Saudi - Kualifikasi Piala Asia 2015
  8. *Arab Saudi 1-0 Indonesia - Kualifikasi Piala Asia 2015
  • Bagikan