9,5 Juta Kelas Menengah RI Turun KastaKasta

  • Bagikan
FOTO BERSAMA. COO PT Champ Resto Indonesia Tbk., Hade Mboi (tengah) bersama, CFO ENAK Christopher Supit (kanan), dan Business Unit Head Gokana Heri Zazuri (kiri). (Estu Suryowati/JawaPos.com)

Gokana Optimistis Bisa Lewati Up and Down Pasar Sekali Lagi

JAKARTA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Jumlah kelas menengah di Indonesia berkurang sekitar 9,5 juta jiwa dalam lima tahun terakhir, alias sepanjang periode kedua pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

Laporan Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, pada 2024 jumlah penduduk tergolong kelas menengah di Indonesia sebanyak 47,85 juta jiwa. Sementara pada 2019 lalu, jumlah penduduk kelas menengah masih sebanyak 57,33 juta jiwa.

Berkurangnya jumlah penduduk kelas menengah tersebut tentu membayangi daya beli masyarakat. Konsumsi diperkirakan turun dan akan memberikan dampak ke banyak sektor termasuk horeka.

Kendati begitu, emiten restoran PT Champ Resto Indonesia Tbk (ENAK) yakin bahwa turun kastanya 9,5 juta jiwa kelas menengah tersebut tidak akan mengganggu bisnis secara signifikan. Khususnya, untuk Gokana, salah satu lini bisnis mereka yang telah bertahan selama 20 tahun di Indonesia.

"Soal daya beli tadi, kami sudah 20 tahun melewati naik-turun daya beli. Kami terbukti survive. Memang melandai, tapi Gokana ada di price point cukup baik," ucap Chief Operating Officer PT Champ Resto Indonesia Tbk., Hade Mboi dalam konferensi pers, Rabu (4/9). Dia yakin, kalaupun terjadi penurunan daya beli, namun produknya masih terjangkau oleh masyarakat kelas menengah di Indonesia.

Pada 5 Oktober mendatang, Gokana tepat berusia 20 tahun sejak membuka outlet pertamanya di Supermal Karawaci pada 5 Oktober 2004. Hade memaparkan, hingga saat ini, restoran ramen dan teppan itu telah memiliki lebih dari 125 gerai yang tersebar di 15 provinsi di Indonesia.

Menurut Hade, mampu bertahannya Gokana selama 20 tahun di tengah banyak bermunculannya pemain di bisnis FnB, dikarenakan dua kunci utama. Konsistensi dan rebranding. Konsistensi dalam hal ini adalah kualitas produk yang disajikan ke konsumen, tidak berubah sejak pertama kali berdiri.

Emiten bursa dengan kode ticker ENAK ini menjalankan strategi 'Farm to Fork'. Hade menjelaskan, mereka memiliki central kitchen di Bandung dan menggandeng local supplier untuk memasok bahan baku yang berkualitas. Untuk selanjutnya didistribusikan ke delapan gudang ENAK, dengan menggunakan armada yang telah disesuaikan temperatur atau suhunya agar kualitas terjaga.

"Itu kenapa kita punya produk yang konsisten," imbuh Hade. Dari gudang-gudang tersebut, bahan baku yang 100 persen lokal itu kemudian didistribusikan ke gerai-gerai terdekat. Misalnya, outlets di Jabodetabek akan dipasok bahan bakunya dari gudang di Bekasi.

Sementara itu terkait rebranding, Hade menjelaskan bahwa dalam Bahasa Jepang Gokana berarti mewah. Seiring perjalanan waktu, ada perkembangan untuk memenuhi tuntutan pasar. Ke depan, Gokana juga memiliki rencana agresif untuk pengembangan bisnis, khususnya ke wilayah timur Indonesia.

Dalam kesempatan sama, Chief Financial Officer PT Champ Resto Indonesia Tbk., Christopher Supit menyampaikan, pihaknya berencana membuka gerai baru Gokana pada awal tahun depan. Sebab, tahun ini tinggal hitungan bulan, dan membuka gerai jelang akhir tahun tidak akan memberikan keuntungan maksimal.

"Kami sangat optimis. Kita akan ekspansi lebih luas ke provinsi yang belum ada Gokana. Dan di kota yang sudah ada, kita juga akan berikan pilihan lokasi lain untuk masyarakat," tuturnya. Ditambahkan, hingga semester I 2024, ENAK telah membelanjakan sekitar 60-65 persen Capex tahun ini.

Dalam rangka memeriahkan 20 tahun beroperasi di Indonesia, Gokana menggelar promo dengan hadiah yang fantastis senilai total Rp 1 miliar, dimana hadiah utamanya adalah sebuah unit mobil listrik Wuling Binguo EV-Premium Range.

Business Unit Head Gokana Heri Zazuri menjelaskan, secara total ada lebih dari 400 hadiah menarik yang akan dibagikan kepada customer Gokana yang beruntung.

Hadiah utama berupa 1 mobil listrik, 5 Ipad Air, 5 Iphone 15, 6 smart TV, 150 voucher makan gratis setahun di Gokana, 50 e-voucher senilai Rp 50 ribu, dan ratusan voucher Gokana. Program undian akan dilakukan secara offline dan online.

"Setiap customer yang bertransaksi minimal Rp 150 ribu sebelum pajak berhak mendapatkan 1 kupon undian (maksimal 10 kupon per 1 transaksi). Ini berlaku untuk seluruh channel pembelian mulai dari dine in, takeaway, online order, maupun big order. Bisa dapat kupon juga dari aplikasi Champ Rewards," pungkasnya.

Periode pengumpulan kupon undian berlangsung selama tiga bulan, mulai 1 September 2024 hingga 30 November 2024. Adapun pengundiannya akan dilakukan pada tanggal 12 Desember 2024 dan pengumuman pemenang pada 20 Desember 2024. (jpc/thi/dek)

  • Bagikan