Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Pungut Sampah di Pantai Pede

  • Bagikan
IST

LABUAN BAJO, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Puluhan mahasiswa asal Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Labuan Bajo, kabupaten Manggarai Barat menggelar aksi bakti sosial dengan memungut sampah di Pantai Pede.

Seperti disaksikan Timor Express, kelompok mahasiswa ini tiba sekitar pukul 11.00 wita dan membawah serta kantong untuk mengisi sampah. Aksi mereka mendapat simpati sejumlah pengunjung pantai pede dan kemudian terlibat bersama membersihkan pantai. Dalam aksi bersih ini, mahasiswa berhasil mengumpulkan 30 kantong plastik besar berisi sampah.

Salah satu mahasiswa Tri Nur Akbar, Kamis (5/9) di Labuan Bajo mengatakan aksi ini sebagai bagian dari kegiatan sosial dalam perencanaan program KKN mereka. Program ini diwujudkan dalam bentuk aksi bersih-bersih sampah di Pantai Pede.
"Kami juga mau menunjukan kepedulian kami terhadap konidisi sampah di pantai ini,"jelasnya

Dikatakan Labuan Bajo sebagai pusat destinasi wisata kelas dunia perlu membangun kesadaran masyarakatnya untuk menjaga lingkungan yang bersih dari sampah. Ketika wisatawan melihat banyak sampah di sini maka mereka tidak betah untuk tinggal berlama-lama di Labuan Bajo.

Apalagi Pantai Pede sebagai obyek wisata publik yang mudah dijangkau masyatakat di dalam kota labuan bajo sendiri. Belum lagi wisatawan asing yang selalu datang mandi dan berenang di pantai ini.
"Ini pantai bagus, kita wajib menjaga supaya wisatawan juga senang datang di pantai ini,"ujarnya

Guru Pamong, M Ali Hanafi di lokasi Pantai Pede mengatakan aksi bersih-bersih sampah ini merupakan bentuk keterpanggilan dari dalam diri mahasiswa akan kecintaan mereka terhadap lingkungan sekitar yanng bersih. Dijelaskan sebagai mahasiswa segala ilmu dan teori yang diperoleh di bangku kuliah rasanya belum lengkap kalau tidak terjun ke masyarakat untuk melihat dan belajar tentang kehidupan sosial masyarakat maupun lingkungan sekitar.

"Ilmu yang didapat selama di bangku kuliah perlu diaplikasikan dalam kehidupan sosial masyatakat dan lingkungan supaya pengetahuan mahasiswa ini semakin sempurna. Jadi bukan hanya teori dan teori meluluh. Labuan bajo daerah wisata, mari kita jaga bersama agar tetap bersih dari sampah,"pungkasnya.(kr2)

  • Bagikan