UKAW Kukuhkan 501 Sarjana

  • Bagikan
INTHO HERIZON TIHU/TIMEX WISUDA. Rektor UKAW Kupang, Prof Dr Godlief Fredrik Neonufa, MT, SCL memindahkan tali toga salah satu wisudawan di GOR Oepoi, Jumat (6/9).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang kembali mengukuhkan sebanyak 501 Sarjana pada rapat senat terbuka dalam rangka wisuda Sarjana ke-68 dan Pascasarjana ke-23 di GOR Oepoi, Jumat (6/9).

Kegiatan dengan mengusung tema, ‘Beritakanlah Kabar Baik’ dan sub tema ‘Roh Tuhan Memampukan Sivitas Akademika UKAW Menerobos Rintangan Artificial Intelligence (AI) Melalui Aneka Karya Nyata yang Inovatif dan Kreatif Berkarakter Imago Dei’ ini dihadiri ribuan orang tua.

Sebelum pengukuhan, para wisudawan terlebih dahulu mengikuti ibadah syukur wisuda yang dipimpin oleh Pdt Yulian Widodo, MTh di aula Yohanes, Rabu (4/9).

Wisuda kali ini dihadiri oleh seluruh Sivitas Akademika UKAW, gereja pendiri, pembina yayasan, pengawas yayasan dan pengurus yayasan, forkopimda provinsi, kabupaten dan Kota Kupang, Konsulat Timor Leste, LLDIKTI Wilayah XV dan ketua alumni.

501 Sarjana yang dikukuhkan berasal dari tujuh fakultas. Dengan bertambahnya wisudawan, tercatat total alumni UKAW sebanyak 23.687 alumni.

“Dalam wisuda ini, winisuda langsung menerima ijazah asli, transkrip nilai asli, fotokopi ijazah, fotokopi transkrip nilai, fotokopi SK akreditasi institusi dan fotokopi SK akreditasi program studi yang diserahkan secara langsung oleh dekan masing-masing pada saat wisuda berlangsung,” katanya Christian Daniel Manu dalam laporannya.

Ia merinci, program Pascasarjana 13 wisudawan, Fakultas Teologi 22 wisudawan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Prodi Ilmu Pendidikan Teologi 12 wisudawan, Prodi Bahasa Inggris 35 wisudawan, Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) 49 wisudawan, Prodi Biologi 20 wisudawan.

Fakultas Hukum 45 wisudawan, Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen 112 wisudawan, Prodi Akuntansi 136 wisudawan, Fakultas Teknologi Pertanian Teknologi Hasil Pertanian 8 wisudawan, Prodi Mekanisasi Pertanian 11 wisudawan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Prodi Teknologi Hasil Perikanan 14 wisudawan, Prodi Manajemen Sumber Daya Perikanan 24 wisudawan.

Ia juga menyebut, terdapat tujuh lulusan terbaik yaitu Arigine Yunyarti Selly, STh, MTh dengan IPK 3,99 dari Program Pascasarjana. Dari Fakultas Teologi atas nama Arni Yulita Tapenu, STh dengan IPK 3,62. Dari FKIP Prodi Pendidikan Biologi atas nama Seni Lidia Pit'ay, SPd dengan IPK 3,75 serta Eny Enggelina Kristiani Ludji, SH dengan IPK 3,54 dari Fakultas Hukum.

Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi, Stefania Kono, SAk dengan IPK 3,87, Fakultas Teknologi Pertanian Prodi Mekanisasi Pertanian atas nama Nelson Poen, STp dengan IPK 3,85 dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Prodi Teknologi Hasil Perikanan atas nama Emirensiana Bhebhe, Spi dengan IPK 3,93.

Rektor, Prof Dr Godlief Fredrik Neonufa, MT, SCL menyebut momentum wisuda tersebut adalah bukti nyata dari ketekunan, kerja keras dan semangat yang tak kenal henti dari wisudawan.

Ia mengingatkan pula bahwa wisuda bukanlah akhir dari perjalanan, melainkan sebuah awal. “Kalian akan memasuki fase baru dalam kehidupan fase di mana ilmu yang kalian peroleh akan diuji dan diterapkan. Jangan pernah takut untuk menghadapi tantangan baru. Setiap langkah yang kalian ambil di luar sana adalah kesempatan untuk belajar dan tumbuh,” ungkapnya.

Dikatakan, di dunia yang terus berubah ini, penting untuk tetap fleksibel dan terbuka terhadap pembelajaran. Jadilah pribadi yang terus berinovasi, berkreasi dan beradaptasi.

“Kalian memiliki potensi yang luar biasa untuk menjadi pemimpin, penggerak dan agen perubahan di masyarakat. Buktikan pada dunia bahwa kalian siap berkontribusi dan memberikan dampak positif,” cetusnya.

Pencapaian studi tepat waktu juga membawa rasa bangga dan kepuasan tersendiri. Setiap momen perjuangan, setiap malam yang dihabiskan untuk belajar dan setiap pengorbanan yang dilakukan akan terbayar ketika kita meraih gelar yang di impikan.

“Ini adalah bukti nyata dari kerja keras dan ketekunan kita,” katanya. (cr6/ays/dek)

  • Bagikan