Jane Suryanto Bawa Angin Segar Buat Kebangkitan Perempuan NTT

  • Bagikan
DI MANGGARAI : Calon Wakil Gubernur Jane Natalia Suryanto usai melakukan tatap muka dengan relawan pendukung Ansy-Jane di Kabupaten Manggarai. Jane melakukan safari politik di tiga kabupaten yang ada di Manggarai. ist

Canangkan Program Perempuan Bantu Perempuan

KUPANG,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Setelah ditetapkan sebagai calon wakil gubernur berpasangan dengan Yohanis Fransiskus Lema oleh koalisi empat partai, Jane Natalia Suryanto langsung tancap gas dengan melakukan safari politik ke daratan Flores. Sis Jane-demikian sapaannya- mengawali safarinya ke Manggarai, yang dimulai dari Manggarai Barat di Labuan Bajo.

Dengan difasilitasi para relawan ANSY dan tim gabungan empat partai koalisi, eks politisi PSI itu berjumpa dengan kelompok Masyarakat. Sambutan hangat dengan teriakan MANYALA KAKA terus berkumandang terutama datang dari kelompok Perempuan.

Sangat wajar jika kunjungan Jane Natalia ini disambut Mama-Mama, karena bagi mereka, Sis Jane adalah seorang figure Perempuan satu-satunya yang maju sebagai calon wakil gubernur. Bagi mama-mama, kehadiran Perempuan Tangguh ini membawa angin segar bagi kebangkitan perempuan di NTT khususnya Perempuan Manggarai.

Sambutan para simpatisan tersebut menggambarkan harapan besar terhadap figur Jane Suryanto sebagai sosok perempuan yang akan membawa perubahan besar bagi daerah ini. Karena bagi mereka, Jane dinilai sebagai sosok seorang ibu yang mampu melayani dengan ketulusan. Dalam diri seorang Perempuan terdapat nilai-nilai yang peduli, tangguh, dan penuh perhatian.

Dalam pertemuannya dengan warga di Manggarai, politisi kelahiran 30 Desember 1982 ini menyampaikan sejumlah program yang dirancang khusus untuk meningkatkan kesejahteraan dan memperkuat posisi Perempuan NTT yang ia sebut “Mama Bantu Mama”.

Bagi peraih suara sebanyak 56.055 di Dapil NTT 2 pada Pileg 2024 ini, pemberdayaan adalah kunci utama bagi perermpuan untuk saling mendukung. Ia juga memaparkan program “Perempuan Bantu Perempuan” yang menyasar ibu-ibu di desa dengan memberikan pembekalan berupa Latihan ketrampilan untuk membangun usaha sehingga bisa mandiri secara ekonomi.

“Saya dan Kaka Ansy punya cita-cita agar perempuan NTT saling menguatkan. Saat perempuan maju, keluarga dan masyarakat juga akan maju,” kata Jane yang sudah berkeliling hampir semua desa di Daratan Pulau Sumba, Pulau Timor, Rote dan Sabu sejak 15 tahun lalu.

Sejumlah warga menilai program yang ditawarkan Paket Ansy – Jane telah menjawab kebutuhan Masyarakat NTT terutama kaum Perempuan. Kedua program bagi mama-mama di NTT dinilai sangat cocok dan membuktikan jika Jane Natalia Suryanto sangat memahami kondisi dihadapi perempuan di NTT saat ini.

Bagi warga Manggarai, pasangan Ansy – Jane merupakan pasangan ideal, Dimana Ansy berpengalaman di DPR RI, memiliki kemampuan mengelola pemerintahan dengan latar belakang pendidikannya.

Sedangkan Sis Jane sangat memahami kondisi mayarakat NTT karena ia sudah keluar masuk desa untuk mendalami kehidupan Masyarakat desa selama 15 tahun. Warga juga berharap Ansy – Jane mendapat dukungan luas Masyarakat NTT.

“Saya dan Kaka Ansy mau membangun NTT dengan semangat gotong royong dengan melibatkan semua elemen, terutama perempuan,” ujar Jane lagi.

Sambutan hangat dan rasa bangga akan kehadiran sosok Jane Suryanto sebagai satu-satunya Cawagub dari kalangan Perempuan terlihat ketika ia hadir di Gelanggang Olah raga (GOR) Pemuda Ruteng. Ia hadir untuk membuka perlombaan dance yang digelar Relawan Ansy-Jane Manggarai Raya, Sabtu (7/9).

Kedatangan Perempuan yang menyelesaikan S1 dan S2 di Amerika ini disambut dengan teriakan Manyala Kaka dari ratusan orang yang Sebagian besarnya kawula muda dan kaum Perempuan yang hadir di GOR. Mereka sangat mengapresiasi kehadirannya.

“Kami sangat bangga karena Sis Jane adalah satu-satunya calon wakil gubenur NTT dan kami snagat mendukung. Kapan lagi ada kaum Perempuan yang berani seperti Sis Jane, “ ujar seorang ibu yang hadir di GOR Pemuda Ruteng. Jane sangat menginspirasi kaum Perempuan lainnya, tambahnya.

Di hadapan para pemuda yang memadati GOR Ruteng, Jane menyampaikan komitmennya untuk terus mendorong anak-anak muda NTT agar berani tampil dan mengembangkan potensi mereka melalui berbagai aktivitas kreatif dan positif.

“Saya dan Kaka Ansy terus mendorong anak-anak muda untuk berani tampil dan menunjukkan bakat mereka. Ini baru permulaan. Masih banyak kegiatan lain yang akan kita laksanakan untuk masa depan yang lebih baik,” ucap Jane penuh semangat.

“Semoga dengan diadakannya kegiatan seperti ini, semangat anak-anak muda NTT untuk mengasah dan mengembangkan bakat-bakat yang mereka miliki terus tumbuh,” katanya.(*/yl)

  • Bagikan

Exit mobile version