UHT Raih 4 Penghargaan Anugerah Kampus Unggulan

  • Bagikan
TERIMA PENGHARGAAN. Universitas Hang Tuah (UHT) kembali menorehkan prestasi gemilang dalam ajang Anugerah Kampus Unggulan yang diselenggarakan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VII. (Dok. UHT)

JAKARTA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Universitas Hang Tuah (UHT) kembali menorehkan prestasi gemilang dalam ajang Anugerah Kampus Unggulan yang diselenggarakan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VII.

Pada 2024 UHT berhasil membawa pulang empat penghargaan bergengsi sebagai bentuk nyata dari komitmen universitas dalam meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Acara penghargaan yang diadakan di Grand Mercure Malang, itu menjadi saksi capaian UHT yang menerima penghargaan di berbagai kategori.

Penghargaan untuk UHT diterima Wakil Rektor I Bidang Akademik & Inovasi Prof Dr Hj Dian Mulawarmanti drg MS PBO yang mewakili rektor UHT. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala LLDikti Wilayah VII Prof Dr Dyah Sawitri SE MM.

Cara Menghilangkan Papiloma secara Alamiah Penghargaan yang berhasil diraih UHT antara lain peringkat I dalam kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk kategori perguruan tinggi akademik klaster madya.

Sementara penghargaan untuk perguruan tinggi dengan peringkat akreditasi A/unggul, UHT memperoleh tiga penghargaan. Yaitu, terbaik I dalam implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), terbaik II sebagai perguruan tinggi berprestasi di bidang kemahasiswaan, dan terbaik III untuk kualitas pelaporan terbaik.

Rektor UHT Laksamana Muda TNI (Purn) Prof Dr Ir Supartono MM CIQaR menyampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada seluruh sivitas akademika Universitas Hang Tuah atas kerja keras dan dedikasi yang telah ditunjukkan.

’’Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh elemen di UHT, mulai dosen hingga mahasiswa. Kami akan terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan untuk mencetak generasi unggul yang siap bersaing di tingkat nasional maupun internasional,” ungkap Prof Dr Hj Dian Mulawarmanti drg MS PBO.

Dengan torehan prestasi itu, UHT semakin memperkuat posisinya sebagai salah satu perguruan tinggi unggulan di Indonesia, terutama dalam bidang kemaritiman serta pengabdian kepada masyarakat.

Sebagai bagian dari upaya peningkatan dan penjaminan mutu, LLDikti Wilayah VII juga menyelenggarakan rapat kerja pemimpin (rakerpim) perguruan tinggi bersamaan dengan pemberian penghargaan Anugerah Kampus Unggulan 2024. Rakerpim tahun ini mengusung tema LLDikti Wilayah VII Bergerak Maju untuk Jawa Timur dan Indonesia Emas.

Kepala LLDikti Wilayah VII Prof Dr Dyah Sawitri SE MM menegaskan bahwa akreditasi merupakan syarat mutlak bagi perguruan tinggi untuk dapat beroperasi. Mulai 2024, seluruh perguruan tinggi di Indonesia harus memiliki akreditasi untuk memastikan standar mutu pendidikan. LLDikti akan terus memantau dan mendukung proses akreditasi.

Prestasi Mahasiswa Wirausaha UHT bersamaan dengan momentum pemberian penghargaan anugerah kampus unggulan LLDikti Wilayah VII Jawa Timur, Dirjen Belmawa Kemdikbudristekdikti mengumumkan tim mahasiswa wirausaha P2MW 2024 yang lolos ke tingkat nasional pada ajang KMI Expo 2024. Di antaranya, enam tim mahasiswa UHT. Jumlah tim itu mengungguli kampus lain di Jawa Timur.

UHT termasuk delapan besar perguruan tinggi yang paling banyak meloloskan tim mahasiswa wirausaha ke KMI Expo XV Tahun 2024. Dengan semangat juang dan inovasi, tim UHT siap berkompetisi di Universitas Halu Oleo pada 23-25 Oktober 2024.

Pada pendanaan P2MW 2024, 13 tim mahasiswa UHT mendapat hibah P2MW dengan total dana Rp 239 juta. Jumlah itu menempatkan UHT dalam peringkat delapan nasional dan peringkat dua Jawa Timur, perolehan hibah P2MW terbanyak. (c19/xax/thi/dek)

  • Bagikan